Peringati Hari Jadi Polwan ke-73, Safaruddin Ingatkan Peran Srikandi Bhayangkara di Tengah Pandemi

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Polisi Wanita atau karib disapa Polwan merayakan hari jadinya ke-73 pada tanggal 1 September 2021. Tema yang diambil adalah: “Transformasi Polri yang Presisi Polwan Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju”.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Drs H Safaruddin berharap, peringatan HUT Polwan tahun ini dapat menjadi momentum untuk mengakselerasi kebangkitan bangsa dan negara di tengah pandemi Covid-19. Apalagi, Polwan juga memiliki peran sangat penting di dalam institusi Polri.

“Saya atas nama pribadi dan keluarga, mengucapkan selamat hari jadi ke-73 bagi Srikandi Bhayangkara. Saya yakin, para perempuan yang terpanggil dan terpilih menjadi Polwan senantiasa menjiwai filosofi Esti Bhakti Warapsari dalam menjalankan tugas tanpa pamrih guna mewujudkan keamanan, kedamaian, dan ketenteraman di tengah bangsa Indonesia,” kata Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu mengingatkan, di tengah situasi pandemi saat ini, Polwan juga harus menjadi garda terdepan dalam ikut serta memulihkan kondisi bangsa. Hal itu sesuai tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

“Polwan selalu menempatkan dirinya pada barisan terdepan dalam mengatasi ragam permasalahan bangsa, khususnya yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat). Melalui pendekatan yang humanis, berbagai persoalan tersebut dapat diatasi,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Safaruddin juga berharap, teladan yang diberikan Polwan dapat menjadi motor perubahan bagi bangsa dan negara ini, menuju masyarakat sehat dan Indonesia maju. Sehingga, ke depannya Polwan menjadi semakin tangguh dan profesional.

“Melalui peringatan HUT ke-73 Polwan ini, saya berharap kepada seluruh Polwan dapat lebih aktif berkontribusi mewujudkan semua program penanganan Covid-19 dan vaksinasi yang dilaksanakan oleh pemerintah. Selain itu, dalam pelaksanaan tugas kepolisian di lapangan dapat terus berkarya, berinovasi, dan berprestasi,” tutup Safaruddin. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.