Peringati Hari Dharma Karya Dhika dengan Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti Bulan Gebang

INTREN.ID, BATAM – Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika tahun 2021 yang berdekatan dengan Hari Pahlawan Nasional 10 November mendatang, jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI mengadakan upacara ziarah dan tabur bunga di taman makam pahlawan secara serentak, Selasa (26/10/2021).

Khusus untuk unit pelaksana teknis di wilayah Kota Batam, mengadakan upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti Bulan Gebang, Batu Aji, Kota Batam. Dalam upacara ziarah dan tabur bunga ini, hadir seluruh kepala unit pelaksana teknis (UPT), baik dari imigrasi, pemasyarakatan, serta Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Kepulauan Riau (Badiklatkumham Kepri), tak terkecuali Rutan Kelas IIA Batam.

Dalam prosesi upacara ziarah dan tabur bunga yang dimulai pukul 07.30 WIB, dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI, Ibnu Ismoyo dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Batam, Dannie Firmansyah.

Kegiatan dimulai dengan penghormatan kepada pahlawan, dilanjutkan mengheningkan cipta, kemudian peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara. Terakhir ialah kegiatan tabur bunga.

Ibnu Ismoyo mengatakan, perjuangan para pahlawan belum selesai dan sebagai generasi selanjutnya harus melanjutkan lebih baik. “Perjuangan dan pembangunan tidak pernah berhenti di negeri ini, semoga arwah para pahlawan dapat menginsprasi generasi kita di saat ini untuk melanjutkan perjuangannya dan melakukan yang lebih baik di masa yang akan datang,” ucap Ismoyo.

Dengan pelaksaan upacara ziarah dan tabur bunga, lanjut dia, juga bertujuan sebagai tanda penghormatan kepada jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam meraih kemerdekaan bangsa Indonesia.

Menurutnya, kegiatan ini juga dapat memperkokoh nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial. Diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuhkembangkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Semoga dengan upacara ziarah dan tabur bunga dari rangkaian kegiatan Hari Dharma Karya Dhika ini, kita dapat menghayati perjuangan para pahlawan untuk membangun negeri ini melalui pergorbanan darah,pengorbanan jiwa,” imbuh Ismoyo. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.