Peringatan Hari Pramuka ke-59 di Samarinda, Pemerintah Ajak Semua Elemen Bersatu Perangi Covid-19

INTREN.ID, SAMARINDA – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Samarinda menggelar upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020 Tingkat Kota Samarinda di halaman parkir kantor Balai Kota Samarinda, Minggu, (25/10/2020).

Peserta upacara diikuti beberapa perwakilan dari Penegak/Pandega Pramuka se-Kota Samarinda dan dipimpin langsung sebagai inspektur upacara, Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Samarinda Sugeng Chaeruddin dan sekaligus sebagai Wakil Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Samarinda.

Pada upacara peringatan Hari Pramuka kali ini mengangkat tema “Peranan Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”.

Ketua Kwarcab Samarinda, Arpan Zainal menyampaikan dalam laporannya bahwa peringatan Hari Pramuka pada tahun ini dilaksanakan sangat sederhana dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena tahun ini menyesuaikan dengan kondisi negara yang sedang mengalami wabah pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir.

Pada tahun ini juga Gerakan Pramuka Kota Samarinda sudah melakukan lomba-lomba secara daring atau virtual dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka ke-59.

Kwartir Cabang Samarinda juga melaksanakan bakti sosial seperti membagikan alat pelindung diri (APD) berupa pelindung wajah di beberapa fasilitas pelayanan kesehatan, membagikan masker, serta hand sanitizer dan juga menyosialisasikan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 43 Tahun 2020 yang bekerja sama denga kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Samarinda.

Dalam sambutan tertulis Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang yang dibacakan oleh Sugeng dikatakan, Gerakan Pramuka telah lahir sejak 59 tahun yang lalu. Bahkan gerakan kepramukaan di dunia dimulai sejak lebih dari 110 tahun yang lalu.

Gerakan ini adalah merupakan suatu gerakan organisasi pendidikan. Oleh karena itu, nama lengkap organisasi ini adalah Gerakan Pendidikan Kepanduan Praja Muda Karana yangmerupakan suatu organisasi pendidikan nonformal untuk melengkapi pendidikan informal di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan para Pramuka merupakan bagian dari pendidikan karakter untuk menumbuhkembangkan kaum muda yang memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa dan berahlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, peduli, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga, serta membangun negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dalam kesempatan ini pula Sugeng menambahkan, untuk mengajak Gerakan Pramuka Samarinda bersatu memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Tepian. Karena Samarinda sudah menjadi kota penyumbang angka penyebaran Covid-19 tertinggi di Bumi Mulawarman.

“Hal ini tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri, tetapi harus didukung seluruh stake holders yang ada di Kota Samarinda,” pungkasnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.