Peringatan Hari Buku Nasional, DPRD Bontang Sebut Pembangunan SDM Kunci Utama Kemajuan Bangsa

INTREN.ID, BONTANG – Anggota Komisi I DPRD Kota Bontang, H Maming mengatakan, pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci utama dalam kemajuan sebuah bangsa. Indeks pembangunan SDM yang rendah mengakibatkan rendahnya daya saing bangsa.

“Hal ini bermuara pada rendahnya inovasi, pendapatan per kapitanya, hingga rendah rasio gizinya. Itu semua akhirnya berpengaruh pada rendahnya indeks kebahagiaan warga. Saya menilai, misi pemerintah untuk menjadikan pembangunan SDM sebagai prioritas sangat tepat,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Menurutnya, tidak ada negara maju tanpa SDM unggul. Karena itu, program pemerintah harus didukung dan diwujudkan, salah satunya dengan meningkatkan minat baca masyarakat. Dia pun optimistis tingkat literasi Indonesia, khususnya di Kota Bontang bisa meningkat.

Maming berharap, pada peringatan Hari Buku Nasional 17 Mei besok, harus menjadi momentum bagi pemerintah untuk bekerja keras dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat. Dia pun mendorong agar Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang melakukan digitalisasi produk buku untuk memberikan kemudahan akses membaca kepada masyarakat.

“Saya menilai, di tengah situasi pandemi seperti saat ini, yang bisa dilakukan adalah bagaimana anak-anak didik bisa lebih banyak memanfaatkan waktunya dengan membaca di rumah. Harus ada kampanye sebuah gerakan mencintai buku, gerakan peningkatan literasi, dan lainnya,” pungkasnya. (***/adv)

Reporter: Herdianto

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.