Percepat Pencapaian Herd Immunity di Kaltim, Mahyudin Gelar Vaksinasi Massal di Enam Kabupaten/Kota

INTREN.ID, SAMARINDA – Upaya untuk mempercepat pencapaian herd immunity terus dilakukan. Program vaksinasi pun digencarkan. Termasuk yang dilakukan Wakil Ketua DPD RI, Mahyudin. 10 ribu dosis vaksin sudah disiapkan.

Senator Kaltim itu menggelar vaksinasi massal di enam kabupaten/kota pada Oktober 2021. Meliputi, Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kabupaten Kutai Barat (Kubar), dan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Vaksinasi massal dimulai sejak Kamis (07/10/2021) di Samarinda. Di Kota Tepian itu, tepatnya di Jalan Mulawarman, sebanyak 1.500 dosis vaksin bermerek Pfizer diberikan kepada masyarakat. Sasarannya meliputi organisasi soisal, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kaltim, komunitas ojek online, partai politik, dan serikat buruh.

Kendati dihadiri banyak peserta, namun acara berlangsung sesuai dengan protokol kesehatan. Tidak tampak adanya kerumunan. Antrean pun tampak lebih teratur. Pasalnya, tim kerja vaksinasi sudah melakukan input data peserta lebih awal.

“Kami melaksanakan kegiatan ini bercermin dari proses vaksinasi di beberapa kabupaten/kota. Dalam mendata, kami memperhatikan beberapa faktor yang dapat memengaruhi kelancaran kegiatan di lapangan. Antara lain terkait jumlah tenaga medis dan ruang yang tersedia. Dengan memperhatikan dua hal tersebut, panitia menentukan berapa peserta untuk jam tertentu, nomor antrean, dan jam kehadiran peserta,” kata Vani Tambajong, Staf Ahli Mahyudin.

Mahyudin yang pada kesempatan itu tidak dapat hadir secara langsung untuk menyapa warga, mengaku bersyukur lantaran kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksinasi begitu tinggi.

“Bapak Mahyudin tidak bisa hadir disebabkan adanya kegiatan paripurna. Beliau (Mahyudin, Red.) senang dan sangat bersyukur minat dan kesadaran tinggi masyarakat Kota Samarinda untuk mengikuti vaksinasi. Menurut beliau, ini pertanda baik karena ada perubahan stigma. Jika dulu masyarakat takut divaksin, namun dengan imbauan pemerintah, membuat sadar pentingnya divaksin,” ujar Tambajong. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.