Penularan Virus Corona Kembali Meningkat, Anies: Jakarta Tidak Setengah-Setengah

INTREN.ID, JAKARTA – Kasus positif virus corona baru (Covid-19) di DKI Jakarta kembali mengalami peningkatan cukup tinggi. Hal ini menjadi perhatian serius Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebut pihaknya tidak setengah-setengah dalam menangani Covid-19.

“Sejak awal kami pilih untuk selalu tangani pandemi ini secara serius, secara totalitas. Ini soal keselamatan, soal nyawa. Mengapa? Kami melaksanakan perintah konstitusi: melindungi setiap tumpah darah Indonesia. Melindungi warga tidak bisa dilakukan setengah-setengah,” kata Anies, Jumat (24/7/2020).

Menurut dia, dalam kondisi wabah yang masih merebak seperti sekarang, langkah yang perlu dilakukan kita adalah menemukan orang-orang yang terpapar dan mengisolasi. Itulah cara memutus mata rantai penularannya. Dengan orang tersebut ditemukan dan diisolasi maka dia bisa mencegah untuk tidak menulari keluarganya, tetangganya, ataupun koleganya.

Karena itulah, sambung Anies, Jakarta meningkatkan terus kemampuan testing. Menurut standard WHO, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus melakukan PCR testing terhadap seribu orang (bukan spesimen) per sejuta penduduk per minggu. Sementara Jakarta kini sudah hampir empat kali lipat standar WHO.

“Kami tidak mau mengurangi testing agar terkesan jumlah yang positif terlihat kecil. Tujuan kami bukan membuat kesan aman, tujuan kami adalah menyelamatkan rakyat,” tegas pria yang pernah menjabat Menteri Pendidikan itu.

Faktanya, sebut Anies, masih banyak orang di luar sana yang sudah terpapar tetapi tanpa gejala. Karena itu makin banyak yang terdeteksi maka insyaallah makin cepat bisa memutus mata rantai penularan. Hal itu merupakan tugas pemerintah.

“Tugas kita semua sebagai rakyat adalah berada di rumah, jangan bepergian jika tidak harus, memakai masker terus, menjaga jarak, mencuci tangan rutin, dan kurangi kapasitas pertemuan,” sebutnya.

“Kita kerjakan sama-sama maka insyaallah kita bisa kendalikan pandemi ini dan kita bisa tumbuh menjadi masyarakat yang lebih matang, tangguh, sehat, aman, produktif dan insyaallah selalu dalam keberkahan-Nya,” pungkas Anies. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.