Penuh Penantian, Dua Pasien Corona di Batam Sembuh Setelah Jalani 13 Kali Swab

INTREN.ID, BATAM – Hampir setiap hari, pasien virus corona baru (Covid-19) di Kota Batam ada yang mengalami kesembuhan. Kesembuhan dipastikan setelah menjalani pemeriksaan swab melalui BTKLPP kelas 1 Batam.

Begitu juga yang dialami dua pasien laki-laki yang dinyatakan sembuh pada 3 Juli 2020 kemarin. Kedua pasien tersebut harus menjalani 13 kali pemeriksaan swab untuk membuktikan terbebas dari paparan virus covid-19.

Berikut data pemeriksaan swab berdasarkan surat tertulis dari Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Pasien pertama adalah laki-laki bernama Budiman (43) yang tinggal di Kelurahan Baloi. Sebelumnya ditetapkan sebagai pasien 58.

Budiman telah menjalani swab sejak 15 Mei hingga 29 Mei 2020 sebanyak lima kali dengan hasil positif. Pada tanggal 3 Juni 2020 didapatkan hasil negatif. Namun pada 9 Juni hingga 26 Juni 2020, hasil swab kembali menujukkan positif setelah menjalani lima kali swab. Akhirnya pada pemeriksaan tanggal 29 Juni dan 1 Juli didapat hasil negatif.

Sementara pasien kedua bernama Wahyu (22) bertempat tinggal di Kelurahan Sadai, yang merupakan pasien nomor 65. Dia telah menjalani swab pada 15 Mei dan 18 Mei 2020 dengan hasil positif. Tetapi pada 21 Mei mendapat hasil negatif dan kembali positif pada tanggal 26 Mei dan 29 Mei 2020.

Kemudian pada pemeriksaan swab keenam pada 3 Juni mendapat hasil negatif dan pada 9 Juni keluar dengan hasil positif, lalu kembali negatif pada pemeriksaan tanggal 15 Juni. Namun pada pemeriksaan tanggal 17 juni hasil swab kembali positif dan tanggal 20 juni berubah menjadi negatif.

Akan tetapi, pada pemeriksaan tanggal 23 Juni di dapat hasil positif untuk yang terakhir. Karena pada pemeriksaan tanggal 26 dan 29 Juni Wahyu dinyatakan sembuh.

Bersamaan dengan surat tersebut terdapat satu pasien yang juga dinyatakan sembuh, yaitu bernama Khoirul (15) pelajar beralamat di Kelurahan Tembesi. Ketiga pasien tersebut telah dipulangkan dari RSBP Batam dan diharapkan masih melakukan isolasi mandiri di rumah hingga 14 hari ke depan. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.