Penjual Makanan Keliling Positif Corona, Ratusan Warga Jalani Rapid Test

Hasilnya Non Reaktif, Pemkot Batam Awasi Ketat Kontak Primer dengan Pasien

INTREN.ID, BATAM – Seorang penjual makanan keliling dan minuman air kedelai berinisial I (49) di Batam, terkonfirmasi positif virus corona baru (Covid-19) dengan nomor pasien 34. Alhasil, pada Selasa (5/5/2020) ratusan warga di perumahan Taman Raya tahap V, Kelurahan Belian, kecamatan Batam Kota mesti menjalani rapid test bersama tim medis dari puskesmas setempat.

Camat Batam Kota Aditya Guntur Nugraha saat dihubungi Intren.id mengatakan, proses Rapied Diagnosis Test (RDT) di lakukan di halaman Masjid Ruhul Jadid. Selain penjual makanan keliling, pasien nomor 34 tersebut juga merupakan penjaga di masjid tersebut.

“Kami melakukan rapid test kepada masyarakat sekitar masjid dan kepada warga yang diduga melakukan kontak primer dengan pasien tersebut. Dengan mengajak tim medis dari puskesmas setempat,” kata Aditya.

Dalam pemeriksaan itu, tim medis yang mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap dengan jumlah belasan orang saja melakukan pengecekan satu per satu kepada 105 warga sekitar. Pemeriksaan didampingi aparat dari kepolisian dan TNI.

“Dengan proses tersebut, seluruh masyarakat didapat hasil non reaktif. Tetapi kami masih lakukan swab terhadap 18 orang yang kami duga kuat melakukan kontak primer dengan pasien,” ungkapnya.

“Yang pasti akan kami lakukan pemeriksaan baik rapid test ataupun swab kepada masyarakat di kawasan kontak primer tersebut,” imbuhnya.

- ADVERTISEMENT -

Aditya yang masih menggunakan baju dinas serta APD seperti masker dan sarung tangan tersebut menjelaskan tahapan pengambilan sampel swab. Katanya tim medis puskemas berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit Elisabeth.

“Untuk swab telah berjalan siang ini. Namun kami dapat informasi baru ada 16 logistik yang tersedia. Jadi untuk dua orang lainnya akan kami jadwalkan pada esok hari,” sebutnya.

Pihaknya juga telah berpesan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Dengan menerapkan physical distancing dan menjaga kebersihan tangan serta tubuh.

“Semua imbauan pemerintah wajib kita ikuti. Yang pasti semua untuk kebaikan diri kita. Dan jangan lupa gunakan masker saat melakukan kegiatan di luar rumah,” tegas Aditya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.