Penerapan Protokol Kesehatan, Rumah Ibadah Lebih Tertib ketimbang Kafe

INTREN.ID, BONTANG – Rumah ibadah di Kota Taman pada Jumat (29/5/2020) lalu telah dibuka kembali. Evaluasi Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang, implementasi protokol kesehatan untuk rumah ibadah khususnya di masjid-masjid dinilai terpantau aman, tertib, dan sesuai harapan. Hal ini berbada jauh dengan tempat-tempat perbelanjaan, tempat keramaian, hingga kafe.

“Implementasi protokol kesehatan harus tetap diupayakan oleh pengelola tempat ibadah maupun jemaah,” kata Kepala Diskes Bontang, dr Bahauddin beberapa waktu lalu.

Dari pantauan intren.id di masjid-masjid yang ada di Kota Taman, memang tampak para takmir begitu memperhatikan para jemaah yang akan melaksanakan salat 5 waktu maupun salat Jumat di masjid. Seperti pemberlakukan saf berjarak, pemeriksaan suhu tubuh, absensi sebelum masuk, mewajibkan jemaah memakai masker, serta menyediakan sarana cuci tangan atau pengadaan penyanitasi tangan.

Berbeda dengan kafe-kafe, pusat perbelanjaan atau pusat keramaian lainnya, masih minimnya aturan terkait phisycal distancing. Minimnya sarana untuk cuci tangan, tidak adanya fasilitas pengecekan suhu tubuh, dan minimnya aturan kewajiban memakai masker.

“New Normal adalah tatanan baru agar lebih produktif di masa pandemi. New Normal bukan berarti bebas, menantang virus, tetapi patuh terhadap protokol kesehatan,” tukas Bahauddin. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.