Pendaftaran Bakal Calon Wali Kota dan Wawali Bontang Dibuka Awal September

INTREN.ID, BONTANG – Tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak dilanjutkan kembali setelah sempat tertunda lantaran pandemi virus corona baru (Covid-19). Kelanjutan tahapan ini merujuk terbitnya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI Nomor 5 Tahun 2020.

“Tahapan kembali dilanjutkan. PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan, Red.) diaktifkan kembali dan PPS (Panitia Pemungutan Suara, Red.) kembali dilantik. Beberapa waktu lalu PPS sudah dilantik serentak,” ujar Ketua KPU Bontang Erwin belum lama ini .

Dia menuturkan, setelah PPS dilantik akan ada pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Pembentukan PPDP dilakukan mulai 24 Juni-14 Juli 2020.

“Pada 15 Juli dilakukan pencocokan dan pengujian data pemilih. Pencocokan dan pengujian data pemilih dilakukan kurang lebih selama sebulan,” tukasnya.

Selain itu tahapan pendaftaran pasangan bakal calon (Bacalon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawali) Bontang akan dijadwalkan pada awal September mendatang. Dan pemungutan suara dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

Mengenai tahapan selanjutnya, Erwin mengatakan masih menunggu PKPU yang akan terbit lagi. Sebab penerbitan PKPU berlangsung secara bertahap. “Penerbitan PKPU membutuhkan proses yang panjang dan butuh waktu. Jadi terbitnya sesuai kebutuhan,” tukasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.