Penambahan Pasien Sembuh dari Corona Capai Ratusan

INTREN.ID, JAKARTA – Angka kasus positif virus corona baru (Covid-19) di Indonesia terus bertambah. Namun demikian angka kesembuhan dari virus asal Tiongkok ini juga terus bertambah. Malahan kini dalam sehari angka kesembuhannya mencapai ratusan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, hingga Senin (1/6/2020) ada penambahan 329 orang yang sembuh. Sehingga 7.637 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh dari 26.940 orang yang terkonfirmasi positif.

“Sedangkan pasien yang meninggal sebanyak 1.641 orang. Jumlah pasien dalam pengawasan yang masih diawasi sebanyak 13.120 orang dan orang dalam pemantauan sebanyak 48.358 orang,” beber Yurianto.

Kenaikan kasus tersebut merupakan gambaran dari keseluruhan wilayah Indonesia. Lima provinsi masih mencatat angka penularan tertinggi, meliputi DKI Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Barat dan Kalimantan Selatan.

- ADVERTISEMENT -

“Karena itu pemerintah akan terus berupaya semaksimal mungkin pada provinsi-provinsi yang masih tinggi angkanya untuk bisa ditekan. Hal itu tentunya dilakukan dengan berbasis pada masyarakat setempat dalam mengubah perilakunya,” sebutnya.

Secara keseluruhan, urai Yurianto, pemerintah telah melakukan pemeriksaan usapan rongga mulut dengan berbagai jenis spesimen mencapai 333.415 spesimen. Baik itu menggunakan metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) ataupun Tes Cepat Molekuler (TCM).

Khusus untuk pemeriksaan hari ini diselesaikan sebanyak 10.039 spesimen. Sementara itu terdapat pula 6.525 spesimen yang masih sedang diverifikasi dengan laboratorium, rumah sakit yang mengirim dan beberapa sedang dalam proses untuk pemeriksaan. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.