Penambahan Makin Masif, Jumat Ini Ada 1.111 Kasus Baru Positif Corona

INTREN.ID, JAKARTA – Tes besar-besaran yang dilakukan pemerintah daerah beriringan dengan terus bertambahnya kasus positif virus corona baru (Covid-19) di Indonesia. Pada Jumat (12/6/2020) ini kembali terjadi penambahan kasus baru yaitu sebanyak 1.111 orang.

Alhasil jumlahnya kini menjadi 36.406 secara keseluruhan, sebagaimana dicatat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto menyebut, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang ditemukan didominasi dari mereka yang tidak mengalami sakit apapun atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

Pengungkapan kasus positif OTG ini, jelas Yurianti, berdasarkan hasil tracing yang dilakukan secara agresif untuk menemukan kasus baru. Sehingga penanganan dan untuk menghentikan laju penyebaran Covid-19 dapat dilakukan.

“Sebagian besar dari kasus yang kami temukan dan kemudian positif pada kontak tracing adalah kasus yang tanpa gejala. Atau dengan gejala yang minimal yang dipersepsikan bahwa yang bersangkutan tidak mengalami sakit apa pun,” bebernya.

- ADVERTISEMENT -

Kata Yurianto, para OTG dalam kasus ini harus segera mendapatkan edukasi yang benar. Agar bisa segera melakukan isolasi secara mandiri. Pasalnya orang-orang ini punya peluang dalam menyebarkan virus lebih luas lagi bila masih bersinggungan dengan orang lain.

“Karena kalau tidak (isolasi), ini akan menjadi sumber penularan yang ada di tengah masyarakat,” imbuhnya.

Di satu sisi angka kesembuhan juga terus bertambah menjadi 3.213 setelah ada penambahan sebanyak 577 orang. Kemudian untuk kasus meninggal menjadi 2.048 dengan penambahan 48. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.