Pemkot Bontang Minta Perbankan Beri Keringanan Angsuran

Restrukturisasi Kredit UMKM di Tengah Wabah Corona

INTREN.ID, BONTANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang meminta lembaga keuangan khususnya perbankan memberikan keringanan pembayaran angsuran kepada masyarakat. Imbauan ini sebagai dampak dari penyebaran virus corona baru (Covid-19).

“Akibat penyebaran Covid-19 telah berdampak secara langsung ataupun tidak langsung pada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Bontang,” kata Neni dalam surat edarannya yang ditujukan pimpinan bank, leasing dan kreditur non perbankan, Jumat (27/3/2020).

Sehingga Neni memohon agar dilakukan restrukturisasi kredit bagi debitur UMKM. Restrukturisasi ini penting dilakukan dalam upaya meringankan beban masyarakat di tengah wabah corona.

Restrukturisasi ini juga sejalan kebijakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebagaimana tercantum dalam Peraturan OJK Nomor 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Counter Cylical Dampak Penyebaran Covid-19.

“Restrukturisasi kredit dimaksud berupa penundaan angsuran kredit selama satu tahun. Atau berdasarkan kebijakan perbankan/leasing/kreditur non perbankan dalam memberikan keringanan pembayaran angsuran kredit,” beber Neni.

Adapun debitur yabg terkena dampak, sambungnya, antara lain pariwisata, transportasi, perhotelan, perdagangan, pengolahan, dan pertanian. (***)

Reporter: Bambang

Editor: Lukman Maulana

 

 

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.