Pemko Batam Upayakan Buka Pelayaran Internasional dari Singapura dan Malaysia

INTREN.ID, BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam masih berupaya melakukan upaya agar bisa membuka kembali jalur pelayaran internasional dari Singapura dan Malaysia ke Batam. Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyampaikan, dirinya telah membentuk tim untuk pengajuan usulan tersebut ke negara tetangga.

“Saya sudah siapkan tim untuk lobi Menteri Kesehatan Singapura. Kapan bisa kita buka kembali dua jalur pelayaran internasional ini. Saya juga sudah menghubungi Pak Ngurah (Duta Besar RI untuk Singapura), minta dibantu. Besok Pak Luhut (Menko Kemaritiman dan Investasi RI, Red.) mampir Batam, saya akan sampaikan juga agar dibantu,” ucap Rudi saat menerima bantuan alat rapid diagnosis test (RDT) dari Kadin Batam di Dataran Engku Putri, Rabu (1/7/2020).

Hingga saat ini Pemko Batam masih terus berusaha melakukan pencegahan penyebaran virus corona baru (Covid-19). Pemeriksaan rapid diagnosis test (RDT) telah dilakukan kepada lebih dari 13 ribu orang. Angka tersebut belum termasuk RDT yang dilakukan oleh berbagai pihak hingga RDT mandiri.

Rudi menyampaikan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar Covid-19 di Indonesia bisa selesai pada akhir Juli. Harapan senada juga dia ungkapkan khusus untuk Batam. “Mudah-mudahan Juli ini selesai. Sekarang baru tanggal 1, artinya ada satu bulan. Kita harus sama-sama untuk mencapai ini,” kata Rudi.

- ADVERTISEMENT -

Di lokasi yang sama, Ketua Kadin Batam Jadi Rajagukguk mengungkapkan, selain penyerahan seribu RDT untuk Gugus Tugas, Kadin juga menyiapkan seribu RDT untuk kegiatan mereka. Kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu pemeriksaan RDT massal yang rencananya digelar di depan Kantor Kadin Batam di Batam Centre, pada Kamis (2/7/2020) selama tiga hari.

“Kami mohon bantuan dari Dinas Kesehatan untuk pengawasan. Untuk kegiatan ini kami bekerja sama dengan RS Awal Bros. Kami juga akan menyerahkan pelindung muka. Mudah-mudahan bermanfaat, khususnya dalam rangka mencegah covid-19 di Batam,” ucapnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.