Pemko Batam Takkan Beri Izin Pelaku Usaha Takjil Ramadan Ini

Upaya Mencegah Keramaian di Tengah Pandemi Virus Corona

INTREN.ID, BATAM – Pandemi virus corona berimbas pada kegiatan usaha penjualan takjil selama Ramadan. Pasalnya Pemerintah Kota (Pemko) Batam tidak akan mengeluarkan izin kepada para pelaku usaha yang akan berjualan saat Ramadan ini.

Sebagaimana dikatakan Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam, Amsakar Achmad. Kata dia, tidak diberikannya izin untuk menghindari adanya masyarakat yang berkumpul di saat pendemi Covid-19 di Batam.

“Ini bisa jadi ajang keramaian bagi masyarakat baik di siang ataupun sore hari,” tegas Amsakar saat telekonferensi bersama rekan media, Senin (20/4/2020).

Amsakar memahami, budaya masyarakat Indonesia yang suka berbelanja kuliner di saat ramadan tiba. Tetapi pihaknya meminta kepada masyarakat untuk bekerja sama memerangi Covid-19 dengan tidak bepergian untuk hal yang tidak terlalu penting.

“Kami telah berkoordinasi dengan pihak pengamanan terus melakukan patroli rutin di wilayahnya masing-masing. Agar tidak ada keramaian lagi,” sebutnya.

Sementara itu Camat Sagulung Reza Khadafy mengatakan, pihaknya akan mengikuti surat edaran dari pemko untuk tidak memberikan izin terhadap pelaku usaha mikro untuk mengadakan bazar di tengah pandemi Covid-19. Kata dia, telah banyak permintaan adanya kegiatan bazar jelang Ramadan ini.

- ADVERTISEMENT -

“Tetapi kami pastikan tidak akan ada bazar untuk menghindar keramaian,” ucap Reza.

Atas hal tersebut, dia juga menyarankan kepada para pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi terkini. Tujuannya agar bisa mengurangi kontak dengan masyarakat luas.

“Mari kita gunakan teknologi untuk berjualan di tengah pandemi. Ayo berjualan secara online, agar bisa meminimalisasi pertemuan dengan orang lain,” imbau Reza.

Sementara itu, Kapolsek Sagulung AKP Riyanto juga menghimbau kepada masyarakat agar bisa mengikuti maklumat dari Kapolri. Khususnya mengurangi kegiatan di luar rumah terlebih kegiatan berkumpul dengan kepentingan yang tidak mendesak.

“Kami juga berharap masyarakat mau bersatu untuk membantu pemerintah dan menjaga kesehatan dirinya sendiri. Mari gunakan masker saat berada di luar rumah,” tutur Riyanto. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.