Pemko Batam Gencar Cari Orang Sakit Corona, Terus Sisir dan Gelar Rapid Test

INTREN.ID, BATAM – Ada sekira 200 sampel swab warga Batam yang sedang menunggu proses pemeriksaan terkait virus corona baru (Covid-19). Ratusan swab sampel tersebut didapat dari kerja Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan virus Covid-19 Batam.

“Daerah lain orang sakit yang minta diperiksa. Tetapi di Batam, kami yang mencari orang sakit. Kami bentuk tim, lakukan penyisiran dengan rapid test. Dan untuk yang reaktif kami tes swab,” ucap Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Muhammad Rudi.

“Selain itu juga kami lakukan tracing terhadap kontak dekat pasien terkonfirmasi positif Covid-19,” sambungnya.

Menurut Rudi, penyisiran terhadap masyarakat yang dicurigai terpapar Covid-19 ini bisa dilakukan berkat kerja sama tim. Mulai dari tingkat kota hingga ke satuan masyarakat terkecil. Sementara pengujian bisa terwujud berkat bantuan pengusaha, komunitas, hingga pemerintah negeri seberang.

- ADVERTISEMENT -

Berdasarkan data Gugus Tugas, hingga 9 Juni telah dilakukan pemeriksaan laboratorium terhadap 618 sampel swab. Dari pemeriksaan tersebutlah didapatkan jumlah terkonfirmasi positif di Batam sebanyak 159 orang.

“Angka 159 itu memang terlihat banyak. Tetapi itu karena kami mencari yang sakit dan saat ini sudah ada 64 pasien yang dinyatakan sembuh,” paparnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.