Pemko Batam Bakal Siapkan Seragam Sekolah bagi Siswa yang Tak Mampu

INTREN.ID, BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam berencana menyiapkan seragam sekolah untuk siswa tak mampu. Hal ini dilakukan demi menyiapkan kondisi ekonomi di Kota Batam yang belum stabil dan juga berdampak pada orang tua calon siswa yang kini akan memasuki tahun pelajaran 2020/2021.
Wacana tersebut disampaikan Wali Kota Batam Muhammad Rudi saat melakukan pertemuan dengan orang tua calon siswa SDN 13 Sekupang, pada Kamis (9/7/2020). Kata dia, Pemko Batam melalui Dinas Pendidikan (Disdik) telah mengirimkan surat edaran (SE) kepada seluruh sekolah TK, SD dan SMP untuk tidak mewajibkan seragam baru kepada peserta didik pada tahun ini.
“Surat edaran sudah keluar. Untuk yang belum punya seragam, biarkan masuk dahulu,” kata Rudi.
Selain itu dia juga berpesan agar kepala sekolah langsung mendata orang tua yang benar-benar tidak mampu. Nanti Pemko Batam yang akan berusaha memberikan bantuan seragam sekolah untuk keluarga tidak mampu ini.

- ADVERTISEMENT -

Rudi mengatakan saat ini dia sedang mengupayakan bantuan dari perusahaan. Dia berharap seragam sekolah untuk siswa baru tersebut bisa diperoleh dari tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).
“Kami lagi cari seragam untuk TK, SD, SMP. Saya ‘mengemis’ tak apalah. ‘Mengemis’ untuk rakyat. Jadi untuk Bapak Ibu (orang tua siswa), kalau tak punya uang, tak usah dipaksa pakai seragam. Kalau punya uang, silakan beli,” ungkapnya di harapan orang tua calon siswa.
Untuk pembagian seragam, pihaknya meyebut akan terlaksana September mendatang. Karena pada saat ini jumlah yang tersedia belum memenuhi kebutuhan. Berdasarkan data yang dimiliki, jumlah seragam baru yang dibutuhkan diperkirakan mencapai 24 ribu buah. Sementara jumlah yang telah terkumpul baru mencapai 12 ribu buah.
“Jadi bagi yang mampu silakan beli. Yang tidak mampu yang kami bantu. Tetapi sabar, mungkin September nanti baru dibagi, sedang diproses, butuh waktu,” tutupnya. (***)

 

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.