Pemindahan Ibu Kota Demi Terwujudnya Pemerataan Pembangunan, Safaruddin Ingatkan Pentingnya Kolaborasi dan Partisipasi

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Pembangunan infrastruktur dasar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara segera dimulai. Terwujudnya pemerataan pembangunan menjadi tujuan mulia pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin mengatakan, pemindahan ibu kota menjadikan Bumi Etam sebagai hub. Ini merupakan salah satu strategi untuk menggeser porsi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan dari Jawa-sentris menjadi Indonesia-sentris.

“IKN Nusantara ini memiliki visi sebagai kota dunia untuk semua yang dibangun dan dikelola dengan tujuan untuk menjadi kota berkelanjutan di dunia, penggerak ekonomi Indonesia di masa depan, dan menjadi simbol identitas nasional yang merepresentasikan keberagaman bangsa Indonesia, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu memastikan bahwa, masyarakat Bumi Mulawarman sangat antusias menyambut pembangunan dan pemindahan ibu kota. Bahkan masyarakat siap berkontribusi dan berpartisipasi langsung.

“Dengan adanya kolaborasi dan partisipasi setiap pemangku kepentingan terkait, khususnya masyarakat, menjadi kunci utama membuat pembangunan IKN Nusantara ini berjalan lancar. Pembangunan IKN Nusantara membutuhkan suplai SDM (sumber daya manusia) berkualitas, khususnya dari penduduk sekitar IKN,” tutur Kapolda Kaltim 2015-2018 itu. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.