Pemerintah Usulkan Adanya Pemekaran Wilayah, DPRD Bontang Ingatkan soal Syarat Administrasi

INTREN.ID, BONTANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang mengusulkan terbentuknya delapan kelurahan baru. Di antaranya adalah Kelurahan Tanjung Limau, Bukit Sekatup Damai (BSD), Loktuan Raya, Berbas Ulu, Nyerakat Lestari, Pesisir Lestari, Telihan Indah, dan Bukit Sintuk.

Menanggapi hal itu, anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Bontang, Nursalam mengatakan, pemekaran wilayah harus memenuhi persyaratan administrasi. Menurutnya, hal itu berguna untuk mencegah timbulnya masalah baru.

“Pemerintah harus melihat kemampuannya. Jangan sampai pemekaran terkesan dipaksakan. Karena wilayah yang dimekarkan jangan sampai tertinggal dengan daerah lain. Harus diperhatikan juga syarat administrasinya, terpenuhi atau tidak,” tegas politisi Golkar itu.

Salam–sapaan karibnya–menambahkan, pemenuhan persyaratan administrasi harus diprioritaskan. Jangan sampai justru pemekaran malah berdampak pada membengkaknya beban daerah. Sehingga membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tidak terkendali.

Dia mencontohkan rencana pemekaran di Bontang Lestari. Yakni Nyerakat Lestari dan Pesisir Lestari. Menurutnya, rancangan itu harus ditelaah kembali. Jumlah penduduk dan kondisi luas wilayah pun juga harus ditinjau ulang. “Jika tidak memenuhi syarat jangan dipaksakan. Itu akan menimbulkan masalah,” tutupnya. (***/adv)

Reporter: Herdianto

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.