Pemerintah Minta Masyarakat Sumbangkan Rumah untuk Karantina WNI dari Luar Negeri

Fasilitas Kesehatan di Daerah Diakui Terbatas

INTREN.ID, JAKARTA – Pemerintah tengah mempersiapkan kepulangan warga negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri. Namun demikian, pemerintah rupanya belum memiliki fasilitas bangunan yang memadai untuk mengarantina WNI tersebut.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) Doni Monardo menyampaikan, Presiden telah menugaskan beberapa Menko dan juga para gubernur. Untuk mempersiapkan rencana kepulangan sejumlah WNI secara maksimal.

“Di sini kita lihat bahwa ketersediaan fasilitas kesehatan yang ada di daerah juga sangat terbatas,” sebut Doni.

Untuk itu dia berharap pemerintah daerah, terutama di tingkat kelurahan dan desa, hendaknya bisa menyiapkan beberapa rumah warga. Yang secara sukarela berkenan menyumbangkan atau mungkin meminjamkan rumahnya tersebut untuk menjadi tempat isolasi mandiri atau karantina rumah bagi WNI yang kembali dari luar daerah maupun dari luar negeri nantinya.

- ADVERTISEMENT -

Pemerintah daerah juga dipandang perlu membangun dapur-dapur umum serta memberikan bantuan kepada mereka yang secara ekonomi kembali ke kampung halaman, yang mungkin juga telah kehilangan lapangan kerja.

Doni mengatakan, presiden mempersilakan melakukan kebijakan di tingkat lokal, sampai dengan tingkat kecamatan. Lebih dari kecamatan tentunya harus dikonsultasikan kepada pemerintah pusat.

“Sehingga tidak ada pejabat di daerah yang dibenarkan mengambil langkah sendiri tanpa berkonsultasi kepada pihak-pihak yang berkompeten,” tambahnya. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.