Pemerintah Didesak Izinkan Ojol Bawa Penumpang Saat New Normal

INTREN.ID, JAKARTA – Pemerintah diminta mengizinkan ojek online (ojol) membawa penumpang di masa kenormalan baru atau New Normal. Asalkan pengemudi dan penumpang ojol tersebut harus mematuhi protokol kesehatan virus corona baru (Covid-19).

Permintaan ini datang dari Anggota Komisi V DPR RI Ahmad Syaikhu. Dia mendesak pemerintah segera membuat panduan atau aturannya. Agar ketika New Normal diberlakukan, sudah jelas pijakan pelaksanaannya.

“Aturan mainnya harus segera dibuat. Agar,saat pelaksanaan tidak simpang-siur,” terang Syaikhu, Selasa (2/6/2020).

Panduan tersebut, sambungnya, misalkan pengguna ojol wajib membawa helm sendiri, mengenakan masker, membawa penyanitasi tangan, serta melakukan pembayaran secara non-tunai.

- ADVERTISEMENT -

Politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyebut, pengemudi juga harus siap membawa termometer. Agar penumpang dapat diperiksa suhunya sebelum ikut mengendarai ojol. Pun demikian, ojol wajib melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala.

“Untuk memastikan berjalannya aturan baru itu, maka harus didukung pula dengan pengenaan sanksi yang disertai dengan kesiapan aparat menegakkan aturan tersebut. Ada aturan maka perlu ada sanksi. Sehingga, penerapan aturan akan maksimal di lapangan,” urai legislator asal Jawa Barat itu.

Namun hal berbeda perlu diberlakukan bagi daerah yang masih wajib melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pada daerah PSBB, masih berlaku Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 9 tahun 2020 tentang PSBB dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019. Dalam hal ini ojol hanya dapat melakukan kegiatan pengantaran barang.

“Sebab berdasarkan aturan ini pada daerah dengan kondisi PSBB, maka moda transportasi baik umum maupun pribadi dibatasi dengan memperhatikan jumlah penumpang dan menjaga jarak antar penumpang. Sehingga, tidak memungkinkan bagi ojol untuk membawa penumpang,” tegas Syaikhu. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.