Pemerintah Bakal Beri Bantuan Rp 600 Ribu Per Bulan untuk Belasan Juta Pekerja, Ini Syaratnya

INTREN.ID, JAKARTA – Pemerintah akan memberikan bantuan uang tunai senilai Rp 600 ribu per bulan kepada belasan juta pekerja di Indonesia. Hal tersebut ditegaskan Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir.

Erick yang juga Menteri BUMN itu menyatakan bantuan akan diberikan kepada 13,8 juta pekerja di Indonesia dengan kriterianya yaitu pekerja bukan PNS dan pegawai BUMN. Syarat lainnya adalah pekerja itu sudah aktif terdaftar di BP Ketenagakerjaan dengan iuran di bawah Rp 150 ribu per bulan atau setara gaji di bawah Rp 5 juta per bulan.

“Bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan akan langsung diberikan per dua bulan ke rekening masing-masing pekerja sehingga tidak akan terjadi penyalahgunaan,” terang Erick.

Dijelaskan, bantuan ini diberikan demi membantu ekonomi pekerja. Saat ini, program stimulus ini tengah difinalisasi agar bisa dijalankan oleh Kementerian Ketenagakerjaan mulai September mendatang.

Menurut Erick, Pemerintah sejatinya telah memiliki program bantuan untuk rakyat miskin dan pekerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja melalui Program Kartu Pra Kerja. Adapun tujuan  pemerintah menggelontorkan bantuan gaji tambahan ini demi mendorong konsumsi masyarakat.

“Ini penting untuk menggerakkan perekonomian dan mendorong pemulihan ekonomi,” tegas Erick. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.