Pemeriksaan PCR Bisa Digelar di Samarinda, Ini Dampaknya bagi Bontang

INTREN.ID, BONTANG – RSUD AW Syahrani Samarinda dan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kalimantan Timur (Kaltim) kini bisa melakukan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR). Sebagaimana disampaikan Tim Gugus Percepatan dan Penanganan Covid-19 Bontang.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang dr Bahauddin mengungkapkan, kabar ini patut disyukuri lantaran sangat membantu dalam mendeteksi kasus sebagai bagian penting dalam penatalaksanaan penanganan virus corona baru (Covid-19).

“Konfirmasi hasil akan didapat lebih cepat. Tindakan penanganan dan pencegahan penyebaran juga dapat dilakukan lebih cepat,” ujarnya.

Sebagai informasi, PCR merupakan pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit Covid-19 yaitu dengan mendeteksi material genetik virus corona.

Selain melaporkan kabar tersebut, Bahauddin juga menginformasikan perkembangan terkini kasus Covid-19 di Kota Taman. Per Senin (1/6/2020) hari ini, Bontang kembali mendapat penambahan status monitoring sebanyak 40 orang. Sehingga total status monitoring sampai dengan saat ini berjumlah 1.303 orang.

Adapun pasien orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan orang tanpa gejala (OTG), serta pasien terkonfirmasi positif maupun sembuh, hingga sementara ini masih tidak ada penambahan. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.