Pelaku Perjalanan Paling Berisiko Terinfeksi Virus Corona

INTREN.ID, BONTANG – Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang menyebut, orang yang paling berisiko terinfeksi virus corona baru (Covid-19) adalah mereka yang melakukan perjalanan. Terutama mereka yang berasal dari wilayah zona ungu alias transmisi lokal.

“Pelaku perjalanan bisa tertular ketika berada di wilayah yang terjadi transmisi lokal atau pada saat melakukan perjalanan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang dr Bahauddin.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menerbitkan protokol kedatangan. Protokol ini mengatur agar semua pelaku perjalanan yang baru datang ke Kota Taman wajib melapor ke PSC Call Center melalui Telpon, WA, SMS, ataupun mengisi google form.

“Permasalahannya yang terjadi saat ini, tidak semua pelaku perjalanan melapor. Sehingga tidak terpantau oleh petugas,” keluhnya.

Padahal kata Bahauddin, jika pelaku perjalanan melapor, akan dimasukkan dalam status monitoring dan mendapatkan penjelasan protokol kesehatan. Orang yang telah masuk monitoring wajib melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Selama masa itu, wajib melakukan pemantauan kondisi secara mandiri, melapor jika ada keluhan, mengakses layanan kesehatan jika sakit, serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Seperti lebih sering menjaga jarak aman, menghindari kerumunan dan memakai masker, adalah cara efektif mencegah penularan. Karena kita tidak pernah tahu apakah orang di sekitar kita sudah terinfeksi virus atau belum,” paparnya.

Untuk meminimalisasi pelaku perjalanan yang tidak melapor, Diskes memaksimalkannya lewat kerja sama dengan relawan muda Covid-19 di setiap RT. Tugas mereka melakukan surveilans berbasis masyarakat, mengawasi wilayah, dan mendorong orang yang baru datang untuk melapor ke PSC Call Center.

“Selain itu juga mendorong para pelaku perjalanan untuk disiplin melakukan isolasi mandiri sesuai protokol kesehatan,” tukas Bahauddin. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.