Pelaku Pariwisata Samarinda Bertahan di Tengah Pandemi, Pemerintah Dorong Digital Marketing

INTREN.ID, SAMARINDA – Dinas Pariwisata Kota Samarinda menyelenggarakan rembuk pariwisata di Yen’s Delight Coffee Pastry and Resto, Jalan Juanda 6 Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Samarinda Ulu, Rabu (18/11/2020) siang.

Dalam acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata I Gusti Ayu, Sekretaris Dinas Pariwisata Masrullah, juga narasumber Andy Achmad yang juga sebagai pembina usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

I Gusti Ayu mengatakan, rembuk pariwisata bertujuan untuk mangevaluasi terkait sarana dan prasarana menuju tempat wisata sampai pelaku usaha yang saat ini banyak berdagang melalui online saat pandemi Covid-19, sudah memadai atau tidak, serta tempat destinasi wisata diharapkan seluruhnya sudah menyediakan tempat cuci tangan guna mematuhi protokol kesehatan.

“Para pelaku UKM akan bisa mendapat profit yang lebih apabila bisa menggunakan digital marketing. Karena usaha saat ini 70 persen keuntungannya justru di dapat dari online,” terangnya.

- ADVERTISEMENT -

Ada perubahan yang terjadi pada perilaku masyarakat, di mana masyarakat sebagai konsumen akan kembali membeli kebutuhan-kebutuhan dasar. Produk kesehatan dan makanan menjadi sangat laris dicari, sementara kebutuhan sandang tidak menjadi prioritas.

Selama pandemi, masih banyak konsumen yang berpikir ulang untuk membeli barang selain kebutuhan pokok. UMKM berusaha bertahan dengan beralih ke penjualan online.

“Ini kenapa mau kita dorong terus. Pemerintah yang coba mendampingi mereka, membantu agar penjualannya bisa naik,” jelas Andy Achmad. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.