Pekan Depan, Asrama Haji Banjarmasin Ditarget Sudah Karantina OTG

INTREN.ID, BANJARMASIN – Gedung Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru, ditargetkan sudah dapat menampung pasien positif Covid-19 yang masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG) pada pekan depan.

Hal itu setelah mulai penuhnya tiga gedung karantina, yang disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan di Bapelkes dan Diklat Ambulung, Banjarbaru.

Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq menjelaskan, saat ini masih dilakukan pemasangan pendingin ruangan, untuk memberikan kenyamanan kepada pasien, dan petugas medis yang bertugas.

Asrama haji yang berlokasi di Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru itu, lanjut dia, sudah dapat digunakan langsung untuk karantina khusus. “Namun karena adanya pengerjaan proyek, pasien tanpa gejala yang baru terkonfirmasi positif harus dikarantina di tempat lain, agar tidak mengganggu para pekerja,” katanya.

Hanif menambahkan, penyediaan gedung karantina baru mutlak dilakukan karena adanya penambahan kasus positif dari kalangan OTG, yang sangat signifikan dalam beberapa waktu terakhir.

- ADVERTISEMENT -

“Saat ini, upaya pelacakan dan penelusuran yang dilakukan gugus tugas daerah sangat masif, sehingga diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran virus Corona,” jelasnya.

Rencananya, asrama haji Banjarmasin dapat menampung 200 pasien yang tidak mengalami gejala klinis. Pemanfaatan asrama haji tersebut sebagai bentuk realisasi dari penambahan seribu tempat tidur untuk tempat karantina.

Target lainnya adalah penambahan 1.500 tempat tidur di rumah sakit rujukan dan nonrujukan, agar pasien dengan gejala berat dan kritis dapat tertangani dengan baik. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.