Peduli Kemanusiaan, Polda Kepri Bakti Sosial Donor Darah

Penuhi Stok PMI Batam Selama Wabah Virus Corona

INTREN.ID, BATAM – Wabah virus corona baru (Covid-19) berimbas ketersediaan atau stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kepulauan Riau (Kepri). Khususnya dan dalam kebutuhan pelayanan pasien di sejumlah rumah sakit daerah di indonesia termasuk juga Batam.

Atas kondisi tersebut, Kapolda Kepri Irjenpol Andap Budhi Revianto menginstruksikan para anggotanya untuk menggelar kegiatan bakti sosial donor darah. Bakti sosial ini dilaksanakan Senin (13/4/2020) di Gedung Lancang Kuning Polda Kepri.

Kapolda Kepri melalui Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan, kegiatan ini untuk memenuhi stok bank darah PMI Batam. Pasalnya pada kondisi pandemi Covid-19 ini sulit untuk mendapatkan para donor.

“Beberapa sebab, antara lain penerapan physical distancing sesuai imbauan pemerintah,” ucap Harry, Selasa (14/4/2020).

Kegiatan sosial donor darah ini adalah tindak lanjut dari perintah Kapolri, sesuai surat No.Pol.:ST/1127/IV/KEP/2020 tanggal 7 April 2020, tentang imbauan donor darah bagi seluruh personel Polri.

“Pada surat tersebut bertemakan ‘Setetes Darah Anda Bukti Cinta Kepada Sesama’ yang harus kita buktikan dengan mengikuti kegiatan ini,” ungkapnya.

Sebanyak 93 personel Polda Kepri ikut serta dalam donor ini. Yang terdiri dari Satker Itwasda, Biro SDM, Ditpolairudda, Ditreskrimsus, Ditbinmas, Ditintelkam, Ditpamobvit, Ditsamapta, Ditresnarkoba, Yanma, SPKT dan Bintara Remaja Polda Kepri.

“Namun tetap mengikuti protokol untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Dari mulai menggunakan masker, mencuci tangan hingga jaga jarak aman, semua kami terapkan,” ujarnya.

Dari kegiatan tersebut terkumpul 93 kantong darah terkumpul. Diharapkan kantong darah ini bisa digunakan dengan semestinya bagi para pasien yang membutuhkan. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.