Pedagang Pasar Malam Berbas Positif Tertular Corona, Dirawat Intensif di RSUD Bontang

INTREN.ID, BONTANG – Virus corona baru (Covid-19) sudah masuk ke Pasar Malam Berbas, Bontang. Seorang pasien baru diberi kode BTG 27, diketahui laki-laki yang kesehariannya merupakan pedagang membantu berjualan di pasar malam, Kelurahan Berbas Pantai.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang dr Bahauddin menjelaskan, pada 25 Juli lalu pria 59 tahun itu berobat ke puskesmas dengan keluhan demam dan diare. Setelah berobat, dia diminta untuk rawat jalan. Namun karena kondisinya belum menunjukkan ada tanda-tanda kesembuhan, maka pada 27 Juli dirinya kembali lagi berobat ke puskesmas.

Dari hasil pemeriksaan yang bersangkutan menunjukkan saturasi (kadar oksigen dalam tubuh) rendah, komorbid diabetes melitus, dan mengalami obesitas. Kemudian dilakukanlah rapid test dengan hasil reaktif samar. Dirinya pun akhirnya dirujuk ke RSUD Taman Husada.

Dari hasil pemeriksaan lanjutan di RSUD Taman Husada Bontang, BTG 27 menunjukkan adanya pneumonia dan pembengkakan jantung. Karena kondisinya itu akhirnya dia ditetapkan sebagai suspek dan dilakukan pemeriksaan swab test.

“Dan hari ini hasilnya terkonfirmasi positif. Saat ini yang bersangkutan dalam perawatan intensif di RSUD,” jelas Bahauddin.

Diketahui, pasien BTG ini tidak memiliki riwayat perjalanan. Saat ini tim gugus covid-19 Bontang masih terus melakukan tracing. Untuk sementara, terdapat 3 orang yang diketahui melakukan kontak erat dengan pasien BTG 27 ini. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.