PDI Perjuangan Target Sapu Bersih di Kaltim, Safaruddin: Harus Menang Pilpres, Pemilu, dan Pilkada

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan mengusung target tinggi pada gelaran pesta demokrasi 2024 mendatang. Baik itu pemilihan presiden (pilpres), pemilihan umum (pemilu) legislatif, dan pemilihan kepala daerah (pilkada).

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin menegaskan, pihaknya pasang target tinggi di berbagai ajang tersebut. Di Kaltim, banteng moncong putih membidik kemenangan pilpres, pemilu, dan pilkada. Kursi kepala daerah di 10 kabupaten/kota dan provinsi jadi incaran. Demikian juga target menang di DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

“Kami mengincar kursi eksekutif atau kepala daerah agar bisa berbuat lebih banyak untuk masyarakat. Apalagi, pilkada merupakan perwujudan demokrasi di daerah, karena dipilih langsung oleh rakyat. Kita mengincar kursi bupati atau wali kota. Yang jelas harus kepala daerah,” tegas anggota DPR RI Dapil Kaltim itu.

Terkhusus kursi kepala daerah sekarang, Kapolda Kaltim 2015-2018 itu menjelaskan, saat ini partainya baru berhasil menempatkan kader di lima kabupaten/kota se-Kaltim. Di antaranya Kutai Barat, Samarinda, Bontang, Kutai Kartanegara, dan Balikpapan.

“Meskipun begitu kami optimistis pada pilkada, PDI Perjuangan Kaltim bisa menempatkan kader di seluruh kabupaten/kota. Target kita, bisa meraih keseluruhan di pilkada. Namun kami tidak akan mengesampingkan perolehan kursi di legislatif atau DPRD. Karena, legislatif juga memiliki peran penting bagi masyarakat. Legislatif itu ada fungsi budgeting, tapi wilayah eksekutornya tetap eksekutif,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Safaruddin juga mengaku terus melakukan konsolidasi partai di daerah. Bahkan, hingga proses pembentukan pengurus tingkat ranting dan anak ranting. “Kita harus konkretkan, selama ini belum konkret. Basis kita di situ. Mudah-mudahan kalau ini berjalan, perolehan suara PDI Perjuangan bisa maksimal se-Kaltim,” ucapnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.