Pasien Positif Tak Melapor, Penyebaran Corona di Bontang Bisa Makin Luas

INTREN.ID, BONTANG – Adanya riwayat perjalanan ke luar kota serta tidak melapornya pasien BTG 12 ke tim medis sebelum ditetapkan sebagai pasien positif Covid-19, menambah beban petugas medis. Pasalnya, kini petugas medis harus melakukan contact tracing terhadap orang-orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien.

“Sejauh ini belum ada penambahan jumlah OTG (orang tanpa gejala, Red.) dan ODP (orang dalam pengawasan, Red.) baru terkait kasus BTG 12,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Bontang, dr Bahauddin.

Dirinya menjelaskan, definisi kontak erat adalah seseorang yang melakukan kontak fisik atau berada dalam satu ruangan, atau berkunjung dengan radius 1 meter dengan kasus pasien dalam pengawasan (PDP) atau positif tertular. Lalu dalam 2 hari sebelum kasus, timbul gejala dan hingga 14 hari setelah kasus kembali timbul gejala.

Para petugas kesehatan yang memeriksa, merawat, mengantar dan membersihkan ruangan di tempat perawatan kasus tanpa alat pelindung diri (APD) lengkap kata dia juga termasuk kategori kontak erat.

“Kriteria lainnya orang yang berada dalam suatu ruangan yang sama dengan kasus. Baik di tempat kerja, kelas, rumah, maupun acara besar. Termasuk orang yang bepergian bersama dengan radius 1 meter dengan segala jenis kendaraan,” urainya.

Padahal jika seseorang pelaku perjalanan disiplin melapor, patuh terhadap protokol kesehatan, isolasi mandiri dengan ketat, kata Bahauddin, maka ketika terkonfirmasi positif, penelusuran contact tracing tidak panjang. Karena ada pembatasan kontak atau tidak kontak dengan orang lain.

- ADVERTISEMENT -

Tetapi jika pelaku perjalanan tersebut tidak disiplin isolasi mandiri dan beberapa hari kemudian baru terkonfirmasi positif, maka dampaknya adalah banyak sekali orang yang harus di-tracing dan risiko penyebaran makin meluas.

“Kontak erat akan mendapatkan perlakukan sesuai tata laksana kasus. Semakin cepat kontak erat teridentifikasi, maka tindakan pencegahan penyebaran dapat dilakukan lebih cepat,” bebernya.

Untuk itu Bahauddin mengimbau dan mengharapkan kerja sama seluruh masyarakat Bontang agar terbuka, jujur, dan tidak perlu takut untuk melapor. Serta memberikan keterangan jika memang ada kontak erat dengan kasus. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.