Pasien Positif Covid-19 Jadi 69 Orang, Tiga di Antaranya Meninggal Dunia

INTREN.ID, JAKARTA – Pemerintah mengumumkan tambahan 35 orang positif virus Corona (Covid-19), Jumat (13/3/2020). Sehingga total pasien positif Covid-19 di Indonesia menjadi 69 orang. Dari tambahan kasus tersebut, tiga di antaranya dilaporkan meninggal dunia.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menuturkan, temuan baru pasien positif covid-19 didapati dari hasil tracing yang dilaksanakan sejak dua hari sebelumnya dari kasus 34 orang. Hasil tersebut menjelaskan pentingnya contact tracing agar bisa cepat mengidentifikasi, menemukan dan mengisolasi kasus positif Covid-19 sehingga tidak menjadi sumber penyebaran di masyarakat.

Sebanyak 35 pasien baru positif Covid-19 itu diberi nama kode kasus 35 hingga kasus 69. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mencatat, tiga dari 35 pasien tersebut yakni kasus 35, kasus 36, dan kasus 50 meninggal dunia setelah mengalami perburukan dengan cepat. Ketiga pasien dimaksud masing-masing perempuan berusia 57 tahun dan 37 tahun serta laki-laki berusia 50 tahun. Dinas Kesehatan setempat lantas diminta untuk melakukan pelacakan siapa saja yang pernah melakukan kontak secara langsung dengan ketiga pasien yang telah meninggal dunia tersebut.

- ADVERTISEMENT -

Dua balita tercatat dalam tambahan kasus yang diumumkan itu. Keduanya kasus 49 dan kasus 54, balita berusia tiga dan dua tahun yang diduga tertular Covid-19 dari orang tuanya. Keduanya kini dalam kondisi sakit sedang. Selebihnya 30 pasien Covid-19 lainnya dengan rentang usia 25 hingga 80 tahun, dilaporkan dalam kondisi sakit ringan hingga sedang.

Sementara itu Yurianto membantah kabar seorang pasien positif Covid-19 dikabarkan kabur dari Rumah Sakit Umum (RSU) Persahabatan, Jakarta Timur. Menurut dia, tidak ada pasien positif Covid-19 yang kabur dari RSU Persahabatan. “Tanya RS kaburnya kapan. Berapa hari dia kabur. Kabur cuma sehari kok dibilang kabur,” kata Yurianto.

Dia menyebut, yang sejatinya terjadi adalah pasien itu belum selesai didiagnosis. Namun pasien itu memutuskan untuk pulang terlebih dahulu. Meski begitu Yurianto belum menjelaskan lebih detail mengenai pasien yang sebelumnya disebut-sebut kabur dari RS tersebut. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.