Pasien Positif Corona Kembali Bertambah, Bontang Berpotensi Transmisi Lokal

INTREN.ID, BONTANG – Baru berselang dua hari usai diumumkannya penambahan kasus pasien BTG 14 dan BTG 15, Sabtu (20/6/2020) hari ini kasus pasien terkonfirmasi terpapar virus corona baru (Covid-19) kembali bertambah satu. Pasien tersebut diberi kode BTG 16.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang, dr Bahauddin dalam konferensi persnya menuturkan, pasien BTG 16 merupakan seorang perempuan berusia 41 tahun. Sebelum terpapar corona, dia pada 15 Juni lalu melakukan screening kesehatan di perusahaan tempatnya bekerja.

Saat melakukan rapid test hasilnya dinyatakan reaktif. Lalu sehari setelahnya dilakukan tes swab tes dan Sabtu ini hasilnya keluar menunjukkan positif Covid-19. “Saat ini yang bersangkutan dirawat di salah satu rumah sakit swasta dalam keadaan kondisi umum baik,” ujarnya.

Dipaparkan Bahauddin, BTG 16 tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar kota. Kasusnya mirip dengan pasien BTG 13 sebelumnya. Namun begitu Bahauddin belum bisa memastikan secara pasti apakah ini transmisi lokal atau bukan. Namun arahnya kasus ini berpotensi dan terindikasi terjadinya kasus transmisi lokal di Kota Taman.

“Hingga saat ini belum jelas riwayat kontak. Jika ada riwayat kontak yang jelas, maka bisa dikatakan transmisi lokal,” paparnya.

Terkait dengan kasus BTG 16 ini, tim gugus Covid-19 Bontang pun telah melakukan tracing contact terhadap 49 orang. Sebanyak 4 orang merupakan anggota keluarga pasien BTG 16 dan 45 orang merupakan teman kerjanya.

“Empat anggota keluarganya dikarantina di RS yang sama dengan pasien BTG 16. Sementara teman kerjanya melakukan isolasi mandiri,” paparnya. Saat ini ke-49 orang kontak erat tersebut pun sudah dites swab semua dan tinggal menunggu hasil. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.