Pasien Positif Corona di Kepri Bertambah Jadi Lima Orang

Sempat Mangkir dan Tidak Dapat Dilacak Keberadaannya

INTREN.ID, BATAM – Pasien positif virus corona (Covid-19) di Kepulauan Riau (Kepri) bertambah. Kini jumlahnya menjadi lima kasus setelah seorang warga Tanjung Pinang berinisial NZ dinyatakan positif terjangkit Covid-19, Jumat (27/3/2020).

Rilis Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes Dalduk KB) Tanjung Pinang menyebutkan, pasien laki-laki berusia 56 tahun itu telah menjalani perawatan sejak 20 Maret 2020 lalu di RSUD Raja Ahmad Tabib (RAT), Tanjung Pinang.

“Dari pemeriksaan sampel SWAB dari Balitbangkes RI melalui Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Jakarta, NZ dinyatakan positif Covid-19,” kata Kepala Dinkes Dalduk KB Tanjung Pinang, Rustam.

Berdasarkan riwayat perjalanannya, NZ baru pulang dari Malaysia. Dia sebelumnya berada di negeri jiran itu sejak 1 Maret hingga 13 maret 2020.

NZ berangkat dari Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjung Pinang ke Sri Petaling dan Batu Pahat Malaysia dalam rangka mengikuti suatu kegiatan bersama 10 orang rekannya. Rombongan sempat menginap di beberapa tempat hingga tanggal 17 Maret 2020.

NZ baru merasakan kondisi badan yang menurun pada Selasa,17 Maret 2020 dengan berbagai Kelurahan seperti demam, batuk, pilek, nyeri otot, dan badan terasa sakit serta mengalami mimisan.

- ADVERTISEMENT -

“Yang bersangkutan sempat berobat ke dokter praktik mandiri, dan langsung berisitirahat seusai meminum obat,” kata Rustam.

Karena kesehatannya tidak mengalami peningkatan, NZ direncanakan akan dirujuk ke RSUD RAT. Namun yang bersangkutan mangkir dan tidak dapat dilacak sehingga gagal dibawa ke RSUD RAT di hari tersebut.

“Setelah melakukan pencarian, pada hari Kamis (19/3/2020) sekitar pukul 21.00 WIB, akhirnya NZ dirujuk ke RSUD RAT oleh tim dari Dinkes Dalduk KB Kota Tanjung Pinang,” jelasnya.

Pasca ditetapkan sebagai pasien positif Covid-19, seluruh orang yang telah melakukan close contact yang NZ pun dilacak.

“Kontak tracing terhadap semua orang yang yang telah kontak dengan yang bersangkutan dilakukan, termasuk seluruh pihak keluarga dan sebagian telah dilakukan pemeriksaan sampel,” tandas Rustam. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.