Pasien Corona Tinggal 10 persen, Akankah Batam Berubah Jadi Zona Hijau?

INTREN.ID, BATAM – Pasien positif virus corona baru (Covid-19) yang masih menjalani perawatan di Kota Batam tinggal tersisa 10 persen. Hal ini berdasarkan Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam per Kamis (9/7/2020).

Diketahui, jumlah pasien Covid-19 di Batam mencapai 251 orang. Dengan jumlah pasien meninggal sebanyak 12 orang. Pasien yang masih menjalani perawatan terdapat 26 orang, satu pasien menjalani perawatan di RSBP Batam, sedang 25 lainnya berada di RSKI Covid-19 Galang Batam.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Muhammad Rudi berharap seluruh pasien segera sembuh. Sehingga Batam bisa kembali ke Zona Hijau.

“Mudah-mudahan yang dirawat segera sembuh sehingga Batam kembali ke zona hijau. Jika sudah zona hijau, artinya penanganan Covid-19 sudah beres,” kata Rudi, Jumat (10/7/2020).

- ADVERTISEMENT -

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Batam Didi Kusmarjadi mengungkapkan, untuk satu wilayah agar mampu mengubah zona dari kuning ke hijau membutuhkan beberapa catatan khusus. Antara lain kesembuhan dan penambahan pasien.

Kata Didi, untuk suatu wilayah yang akan mengubah zona bukan hanya dilihat dari jumlah pasien yang telah kosong. Akan tetapi kesetabilan zero kasus juga menjadi hal yang paling penting. “Setelah zero kasus, setidaknya harus bisa bertahan selama satu bulan baru bisa berubah menjadi zona Hijau,” ujarnya.

Untuk Batam, Didi memperkirakan belum bisa mengubah menjadi zona hijau pada Juli ini. “Harus bisa sembuh dahulu semua dan tidak ada lagi penambahan kasus. Semoga zero kasus bisa terlaksana pada Juli ini, sehingga bulan Agustus Kota Batam Bisa berupa Zona menjadi Hijau,” harapnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.