Pasien Corona 02 Tak Kunjung Sembuh, RSBP Batam Perketat Penjagaan

Mulai Gelisah karena Sudah Lebih Tiga Pekan Dirawat

INTREN.ID, BATAM – Pasien corona (Covid-19) nomor 02 di Kota Batam tak kunjung sembuh. Padahal pasien berumur 32 tahun itu telah menjalani perawatan lebih dari tiga pekan di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi menyatakan, pihaknya mengkhawatirkan kondisi pasien 02. Pasien itu diketahui sudah menjalani perawatan di RSBP selama 27 hari sejak Jumat (20/3/2020) lalu.

Dikatakan, selama perawatan pasien 02 sudah dua kali menjalani tes swab. Namun tim medis masih saja mendapatakan hasil positif Covid-19 dari tes tersebut.

“Setiap orang memang berbeda. Ada yang proses penyembuhannya cepat dan ada yang lambat,” kata Didi, pada Rabu (15/4/2020) kamarin.

Belum adanya kesembuhan rupanya membuat pasien tersebut mulai gelisah. Dalam hal ini, pasien mulai merasakan bosan menjalani isolasi di RSBP tersebut.

- ADVERTISEMENT -

Terlebih lagi kini pasien tersebut memiliki teman yang juga tengah dalam masa isolasi di ruang yang sama. Hal ini membuatnya merasa kurang nyaman.

Didi bahkan menyebut ada kemungkinan pasien nomor 02 akan kabur dari rumah sakit dengan kondisi dirinya belum juga pulih dari virus covid-19. “Kami sudah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit untuk memperketat penjagaan terutama di ruang isolasi tersebut,” ungkapnya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Didi berencana memindahkan pasien 02 tersebut ke RS khusus Covid-19 di Galang.

Diketahui, pemulihan para pasien Covid-19 memang terlihat lambat. Untuk masa inkubasi seseorang terinfeksi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 ini adalah 14 hari. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.