Pasar TPID Layani Pembelian Bahan Pangan secara Online

Lewat Aplikasi Pasar Mama, Pengantaran Bekerja Sama Gojek

INTREN.ID, BATAM – Masyarakat Kota Batam kini tak perlu keluar rumah untuk berbelanja kebutuhan bahan pangan. Lewat aplikasi Pasar Mama, keperluan dapur bisa didapat dari gengaman tangan.

Untuk pengantaran dan pembayaran barang belanjaan, masyarakat tak perlu risau. Karena Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam telah bekerja sama dengan Gojek.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Batam, Gustian Riau mengatakan, belanja online adalah salah satu upaya Pemko Batam untuk mencegah penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19). Pasar Mama ini bakal diresmikan pada Kamis (16/4/2020) mendatang.

“Pemko Batam melakukan terobosan pertama yakni Pasar TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah, Red.) Kota Batam. Kedua, karena ada instruksi di rumah saja, jadwal operasional pasar dikurangi. Kami menyiapkan Pasar Mama yang akan di launching Kamis ini (16/4/2020). Aplikasi ini bisa diunduh di PlayStore dan AppStore,” katanya, Senin (13/4/2020).

Gustian menyampaikan, semua kebutuhan bahan pangan tersedia di Aplikasi Pasar Mama. Seperti aneka buah-buahan, bumbu, susu, sabun, minuman, sayuran, daging, beras, minyak, gula dan bahan pokok lainnya. Harganya, dijamin sesuai harga dari distributor sehingga lebih miring.

“Semua kebutuhan ada di Pasar Mama,” ujar Gustian.

Adapun, cara berbelanja di Pasar Mama yakni dengan mengunduh aplikasi Pasar Mama di PlayStore dan AppStore. Membaca petunjuk tata cara belanja di Pasar Mama dan tata cara pembayaran dan pengiriman barang, lalu log in terlebih dahulu dengan mengisi data lengkap yakni email, alamat pengantaran detail dan nomor WhatsApp.

Pastikan koneksi internet paket data di ponsel konsumen cukup dan berjalan lancar saat order berlangsung, lakukan pemesanan dengan mengetik tombol keranjang. Sebaiknya lakukan dengan berhati-hati dan cermat karena barang yang sudah dibeli tidak bisa ditukar atau dikembalikan.

- ADVERTISEMENT -

Pelanggan wajib memperhatikan jenis-jenis barang beserta satuan gram, kilogram, peace, atau buah, dan harga dalam setiap belanjaan yang dipilih. Kesalahan pemilihan barang menjadi tanggung jawab sepenuhnya customer. Jumlah total belanja untuk sekali order minimal Rp20 ribu, setelah selesai berbelanja dilanjutkan ke menu pembayaran.

Untuk Jadwal pemesanan dan pengantaran barang sesi pertama pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB, diantar pukul 09.01 WIB sampai 11.00 WIB atau lebih cepat. Sesi kedua pukul 09.01 WIB sampai 12.00 WID diantar pukul 11.01 WIB sampai 13.00WIBΒ  atau lebih cepat. Sesi ketiga, pukul 12.01 WIB sampai 06.00 WIB hari berikutnya, diantar pukul 07.00 sampai 09.00 atau lebih cepat.

Untuk pembelian buah-buahan, minimal 1 kilogram kecuali buah semangka, melon atau pepaya minimal 1,5 kilogram. Toleransi pembelian buah-buahan maksimal plus minus 10 persen dari berat buah-buahan, apabila terdapat barang yang kosong atau habis maka akan dilakukan refund atau pengembalian dana senilai barang yang kosong tersebut paling lambat 24 jam setelah transaksi.

Cara pembayaran mudah dengan melakukan transfer sesuai jumlah yang tertera pada orderan melalui on
line payment debit, kartu kredit atau go pay di menu pembayaran. Konsumen dapat memantau pemesanan mulai dari pemesanan barang, status pembayaran, dan sampai status pengiriman melalui notifikasi email atau WA, harga sewaktu-waktu dapat berubah mengikuti harga pasaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Cara pengantaran order dibuka setiap hari Senin sampai Ahad mulai pukul 06.00 sampai 24.00. Masa tunggu verifikasi pembayaran terhadap order yang sudah dipesan selama 15 menit dan terbatalkan secara otomatis dari sistem bila tidak melakukan pembayaran serta disarankan melakukan order ulang.

Pasar Mama menggaransi semua produk yang dibeli dalam kondisi baik, segar, kecuali kondisi barang dari distributornya yang telah rusak. Barang yang dibeli tidak dapat dikembalikan lagi, pengantaran menggunakan Go Send by Gojek dan ongkos pengiriman ditanggung penuh oleh konsumen.

Dan apabila rumah konsumen dalam keadaan kosong saat pengantaran maka barang yang dikirim akan dikembalikan ke Pasar Mama, segala kerusakan akibat barang tersebut di luar tanggung jawab Pasar Mama.

“Apabila konsumen mau mengambilnya akan dikenakan biaya pengiriman kembali oleh Gojek,” tutup Gustian. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.