Para Orang Tua Bingung Tak Bisa Akses PPDB Online, Ini Solusi dari Wali Kota Batam

INTREN.ID, BATAM – Masih banyak orang tua calon siswa yang belum bisa berhasil atau bahkan belum bisa mengakses laman pendaftaran peserta didik baru (PPDB) daring Batam. Padahal pendaftaran telah memasuki hari ketiga pada Sabtu (13/6/2020).

Menanggapi hal ini, Wali Kota Batam Muhammad Rudi meminta orang tua calon siswa untuk tidak khawatir jika belum berhasil masuk ke sistem. Karena Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus berupaya meningkatkan pelayanan PPDB daring. Bahkan Rudi setuju untuk melakukan perpanjang waktu pendaftaran.

“Tim kami terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Termasuk memperpanjang waktu pendaftaran jika pada saatnya nanti masih banyak orang tua yang belum berhasil melakukan pendaftaran melalui aplikasi PPDB online,” kata Rudi.

Rudi juga telah menginstruksikan kepada sekolah agar memfasilitasi orang tua untuk melakukan pendaftaran melalui WhatsApp (WA) ke nomor operator sekolah. Nomor WA operator dapat dilihat di spanduk yang terpasang di setiap sekolah. Caranya cukup dengan mengirimkan foto dokumen melalui aplikasi WA ke nomor operator masing-masing sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Hendri Arulan juga mengungkapkan, apabila sudah mengirimkan foto dokumen, selanjutnya sekolah saja yang mendaftarkan.

“Setiap WA yang orang tua kirim akan direspon. Setelah diproses akan ada laporan ke orang tua bahwa proses pendaftaran sudah dilaksanakan. Karena yang mengirim juga pasti banyak, kami harap orang tua bersabar,” kata Hendri.

- ADVERTISEMENT -

Adapun dokumen utama yang perlu disiapkan yaitu kartu keluarga (KK). Jika KK tidak sesuai domisili, maka perlu melampirkan surat keterangan domisili dari RT/RW.

Bagi calon peserta didik di tingkat SD perlu menyiapkan akta kelahiran. Sedangkan dokumen tambahan untuk pendaftaran SMP adalah Surat Keterangan Menyelesaikan Pembelajaran Kelas VI SD.

Sementara untuk calon siswa dari jalur afirmasi perlu melengkapi bukti keikutsertaan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau lainnya. Dan untuk jalur perpindahan, harus menyertakan Surat Keterangan Pindah Orang Tua. Persyaratan ini berlaku untuk tingkat SD maupun SMP.

“Dan untuk calon peserta didik SMP yang masuk melalui jalur prestasi, wajib mengirimkan foto surat keterangan nilai 5 semester terakhir dengan nilai minimal 85, dan/atau sertifikat prestasi non akademik,” Imbuhnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.