Pantai Pacar, Tempat Bertemunya Pantai dan Air Terjun

INTREN.ID, TULUNGAGUNG – Jawa Timur benar-benar menyimpan destinasi yang memesona. Salah satunya adalah Pantai Pacar. Pantai ini sangat dekat dengan Pantai Molang. Kedua pantai ini terletak sejalur dan berdampingan.

Bahkan tiket masuk dan area parkirnya juga jadi satu. Saat menuju Molang kalian pasti akan melewati pinggiran Pantai Pacar. So, tidak ada salahnya untuk mampir ke Pacar, hitung-hitung bisa menambah spot foto untuk melengkapi koleksi swafoto kalian.

Pantai Pacar secara administratif terletak di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini berada satu desa dengan Pantai Molang, Lumbung, Kelinci, dan Kedung Tumpang.

Seperti yang telah disinggung di atas, loket masuk Pantai Pacar, Molang, Lumbung, Kelinci jadi satu.

Travelers sekalian akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5 ribu (*harga dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kebijakan pengelola). Selanjutnya kalian akan dikenakan lagi biaya parkir di masing-masing lokasi pantai. Untuk Pantai Pacar, parkirnya jadi satu dengan Pantai Molang.

Rute Pantai Pacar searah dengan rute menuju Molang. Kondisi jalannya juga sama persis. Berawal dari Pasar Ngunut ke selatan mengikuti papan petunjuk arah, lalu tiba di Pasar Panjerejo belok ke kiri kemudian ke kanan (ke selatan mentok).

Selanjutnya belok kanan mentok, kemudian belok kiri dan kanan lagi. Tiba di pertigaan menuju Pucanglaban atau Situs Makam RM Djayengkusumo, belok ke selatan menaiki gunung dengan jalan yang berkelok-kelok atau yang biasa disebut Luk Songo.

Setelah itu, ikuti jalan hingga Pasar Puser dan lanjut terus ke selatan sampai tiba di Pucanglaban. Jika bingung kalian bisa bertanya pada warga setempat atau mempelajari posisi pantai di sini.

Pantai Pacar memiliki pemandangan laut bebas. Jika menghadap ke barat kita bisa menyaksikan Kedung Tumpang, semenanjung Sine dan Popoh. Pasir pantainya berwarna putih, sehingga nampak serasi dengan birunya air laut.

Di sisi timur pantai terdapat instalasi pemompa air laut untuk keperluan budi daya udang. Meski indah, saat pasang pantai ini akan tertutup air laut, jadi kalian juga perlu waspada.

Bagi kalian yang penasaran dengan keindahan pantai ini, silakan datang langsung, dan jangan lupa untuk mampir di pantai-pantai sekitarnya. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.