Pangkas Biaya Operasional di 2020, Pertamina Adopsi Solusi Elektronik Bloomberg

INTREN.ID, JAKARTA – Permintaan bahan bakar yang terkena dampak Covid-19 membuat Pertamina berencana memangkas biaya operasional sebesar 30% di tahun 2020. Untuk itu perusahaan mengadopsi solusi perdagangan elektronik komoditas Bloomberg (RFQC).

Adopsi RFQC dilakukan untuk mengelola berbagai kebutuhan hedging atau lindung nilai minyak mentah dan bensinnya milik perusahaan. Selain itu Pertamina memanfaatkan teknologi terskalakan untuk mengunci pendapatan di masa mendatang melalui program komoditas lindung nilai.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina Fajriyah Usman mengungkapkan, dengan tersedianya catatan perdagangan lengkap secara elektronik di Bloomberg, Pertamina dapat dengan mudah mengumumkan pemenang tender kepada semua peserta. Pihak rekanan dapat memberikan tawaran harga dan bertransaksi dengan lebih efisien dalam lingkungan yang aman.

“Mengingat kondisi pengoperasian yang sulit, secara proaktif pengelolaan biaya bahan bakar melalui hedging akan membantu kami mencapai penghematan biaya dan menjadi lebih efisien secara operasional,” sebut Fajriyah.

Lebih lanjut dituturkan, kolaborasi Pertamina dengan Bloomberg juga mengizinkan perusahaan minyak negara itu mengelola seluruh proses tender. Mulai dari analisis pra-transaksi, eksekusi pesanan elektronik hingga proses pasca-transaksi dengan mitra global secara transparan.

“Implementasi program lindung nilai ini juga menantang ketika para pedagang kami bekerja dari rumah, namun tim Bloomberg memberikan sistem teknologi yang kuat dan tangguh, memungkinkan kami dapat terus beroperasi dari jarak jauh,” bebernya.

Head of Bloomberg ASEAN Steven Yankelson menambahkan, pihaknya berkomitmen penuh untuk mendukung Pertamina pada periode ini. Karena mereka terus melakukan investasi yang strategis di bidang teknologi yang akan menempatkan mereka di posisi berkembang, ketika kondisi pasar membaik.

Dijelaskan, Bloomberg RFQC adalah solusi elektronik bebas biaya komisi untuk transaksi komoditi dan lindung nilai. Solusi ini tersedia untuk para pelanggan Terminal Bloomberg, sebuah solusi yang memungkinkan perusahaan untuk menerima dan mencatat harga secara real-time dari peserta tender pilihan, mengeksekusi dan mengkonfirmasi perdagangan, dan mengintegrasikan detail dengan mulus ke dalam manajemen pesanan, manajemen risiko, dan sistem back office. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.