Pandemi Corona Bingungkan Pelaku Bisnis Konvensional

INTREN.ID, JAKARTA – Pelaku bisnis konvensional bibuat kebingungan oleh pandemi virus corona baru (Covid-19). Sebagaimana diungkapkan Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Sarwono Kusumaatmadja.

Dia menilai, pandemi Covid-19 merupakan momen ideal untuk mengembangkan bisnis sosial. “Memang sekarang ideal untuk mengembangkan bisnis sosial, karena bisnis konvensional di masa pandemi Covid-19 dibuat kebingungan,” sebut Sarwono, Jumat (22/5/2020).

Kata dia, para pelaku bisnis konvensional bingung karena menghadapi realitas baru yang belum pernah ada sebelumnya. Ironisnya realitas baru ini tidak tepat bagi operasional bisnis mereka.

“Saya rasa ini banyak para pelaku bisnis konvensional bisa dirangkul oleh ide bisnis sosial tersebut, mengingat para pelaku bisnis itu menghadapi realitas baru,” terang Sarwono.

- ADVERTISEMENT -

Praktisi bisnis Judianto Hasan menilai, bisnis-bisnis sosial akan memiliki peran sangat besar nantinya. Yaitu di era new normal atau kenormalan baru yang akan muncul pascapandemi Covid-19.

“Sebagai pelaku bisnis sudah saatnya memanfaatkan momentum saat ini untuk melakukan bisnis sosial. Di mana akan mudah menarik perhatian masyarakat melalui media-media sosial,” tutur Judianto.

Bisnis sosial, sambungnya, juga memberikan peluang kepada masyarakat untuk semakin memiliki peran dalam transformasi sosial dan ekonomi di Indonesia pascapandemi Covid-19. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.