Pandemi Corona Bikin Pemerintah Tiadakan Penerimaan CPNS Tahun 2020

INTREN.ID, JAKARTA – Pemerintah bakal meniadakan rekrutmen penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun 2020. Hal ini ditegaskan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Tjahjo Kumolo, Rabu (8/7/2020).

Tjahjo menyebut, peniadaan ini lantaran pandemi virus corona baru (Covid-19) yang memundurkan jadwal seleksi kompetensi bidang (SKB) penerimaan CPNS 2019. Sejatinya SKB ini digelar mulai 25 Maret lalu. Namun pandemi Covid-19 membuat pelaksanaannya ditunda hingga tanggal yang belum ditentukan.

Dalam hal ini Tjahjo mengatakan pemerintah bakal lebih dahulu menyelesaikan proses rekrutmen CPNS formasi 2019 yang tertunda tersebut yang diperkirakan dalam rentang September sampai Oktober 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan dengan berkoordinasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Kementerian PANRB dan BKN terus melakukan koordinasi dengan BNPB dan Kementerian Kesehatan. Untuk memastikan agar pelaksanaan SKB benar-benar memenuhi standar protokol kesehatan,” terang Tjahjo.

Kata dia, rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) baru akan dilaksanakan di 2021. Saat ini Kementerian PAN-RB tengah menunggu proses pengajuan serta verifikasi dan validasi usulan masing-masing instansi pemerintah.

“Proses ini akan mempertimbangkan kebutuhan untuk pembangunan nasional dan daerah, serta hasil evaluasi dampak pandemi Covid-19,” bebernya. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.