Pandemi Corona Bikin Orang Tua Sadar Sulitnya Tugas Guru

Mendikbud Sebut Pendidikan yang Efektif Butuh Kolaborasi Banyak Pihak

INTREN.ID, JAKARTA – Pandemi virus corona baru (Covid-19) membuat para orang tua menyadari sulitnya tugas guru dalam mendidik anak-anak. Hal ini disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Anwar Makarim saat memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020 dari rumah, Sabtu (2/5/2020).

Dipaparkan, Covid-19 telah membuat para guru harus melakukan kegiatan pembelajaran melalui daring. Dengan menggunakan perangkat baru dan menyadari sebenarnya pembelajaran bisa dilakukan di mana saja.

Keadaan pandemi ini menurut Nadiem turut membuat para orang tua menyadari sulitnya tugas guru mengajar anak secara efektif. Alhasil, para orang tua menjadi lebih berempati kepada guru.

“Guru, siswa, dan orang tua sekarang menyadari bahwa pendidikan itu bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan di sekolah saja,” sebut Nadiem.

Kata dia, pendidikan yang efektif membutuhkan kolaborasi dari guru, siswa, dan orang tua. Karenanya, dia mengajak seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan terus berinovasi di tengah pandemi.

- ADVERTISEMENT -

“Belajar memang tidak selalu mudah, tetapi inilah saatnya kita berinovasi. Saatnya kita melakukan berbagai eksperimen. Inilah saatnya kita mendengarkan hati nurani dan belajar dari Covid-19,” urainya.

Pengagas salah satu layanan transportasi daring itu mengajak seluruh insan pendidikan mengambil hikmah dan pembelajaran dari krisis yang terjadi akibat pandemi Covid-19. Nadiem menyebut pandemi Covid-19 merupakan tantangan bagi bangsa, khususnya di bidang pendidikan.

“Krisis yang menjadi tantangan luar biasa bagi negara kita dan seluruh dunia. Tetapi, dari krisis ini kita mendapatkan banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa kita terapkan saat ini dan setelahnya,” bebernya.

Upacara peringatan Hardiknas 2020 ini sendiri diselenggarakan di halaman kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta dengan jumlah petugas dan peserta terbatas. Serta disiarkan langsung melalui media sosial. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.