Paguyuban KKJ Batam Resmi Disahkan, Siap Sajikan Sejarah Betawi

INTREN.ID, BATAM – Paguyuban Kerukunan Keluarga Jakarta (KKJ) Batam secara resmi telah mendeklarasikan diri. Tepatnya dengan penandatanganan pengesahan paguyuban ini pada Jumat (5/6/2020) oleh seluruh anggota yang berlokasi di sekretariat di wilayah Tiban, Kecamatan Sekupang.

Sekertaris Paguyuban KKJ Batam M Johan Santoso mengatakan, KKJ telah berdiri sejak musyawarah besar (mubes) pada 5 Maret 2020 lalu. Pada saat itu juga terpilih para pengurus seperti ketua Donni Afandi, wakil ketua diemban Ridwan F, sekertaris dipegang M Johan Santoso, wakil sekretaris Ardiansyah, bendahara dipercayakan Yuliana dan wakil bendahara kepada Lisa Umami.

“Alhamdulillah pengesahan telah ditandatangani oleh seluruh anggota yang hadir,” ucap Johan.

Dia juga mengungkapkan tujuan berdirinya Paguyuban KKJ Batam yang kini beranggotakan 160 orang lebih tersebut. Antara lain untuk bisa menggerakkan kegiatan sosial, keagamaan hingga ekonomi di Kota Batam. Bahkan selama bulan Ramadan lalu pihaknya juga aktif melakukan kegiatan bakti sosial dengan pembagian sembako hingga pembagian masker.

- ADVERTISEMENT -

“Nantinya kami juga akan membangun rumah belajar hingga area bermain seperti outbound serta membangun sebuah tempat yang bisa memberikan informasi sejarah orang Betawi di Kota Batam,” kata Johan.

Seluruh sejarah seperti awal masuk orang Betawi ke Kota Batam juga akan dipaparkan di dalam satu tempat tersebut. Bahkan nantinya akan ada rumah khas Betawi yang dipadukan dengan rumah adat tempatan yaitu adat Melayu.

“Untuk lokasi kami pilih di Jembatan Enam Barelang. Di sana kita bisa melihat tumbuhan khas kepulauan (bakau) yang sangat baik dan tetap kami jaga. Serta akan kami tambah kebun binatang yang sesuai dengan lokasi tersebut,” ungkapnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.