Operasional RS Khusus Corona di Batam Molor, Ini Sebabnya

Jokowi Berharap Semua Fasilitas Tidak Terpakai

 

INTREN.ID, BATAM – Pengoperasian Rumah Sakit (RS) khusus wabah Corona (Covid-19) di Pulau Galang Kota Batam, molor dari jadwal yang telah ditetapkan pada Senin (30/4/2020) lalu. Hal tersebut disampaikan langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang melakukan kunjungan ke lokasi, Rabu (1/4/2020) siang.

“RS ini paling lama kita operasikan pada Senin (6/4/2020) mendatang,” kata Jokowi.

Molornya operasional tersebut menurut Jokowi lantaran adanya kendala Cuaca pada saat proses pengangkutan perlengkapan peralatan. Dalam 26 hari kerja yang telah berjalan, total progres pembangunan telah mencapai 96 persen.

Orang nomor satu di Indonesia itu menyatakan, RS khusus Covid-19 ini memiliki 240 tempat tidur di rumah observasi. Serta 20 tempat tidur di rumah isolasi.

“Untuk Icu ada sebanyak 20 dan non ICU ada sebanyak 30 tempat tidur,” urai Jokowi.

Meski telah dibangun, dirinya berharap seluruh fasilitas ini tidak terpakai. Namun pemerintah harus tetap menyiapkan untuk langkah antisipasi penanganan pasien khusus Covid-19.

Jika pandemi Covid-19 di Indonesia telah berakhir, Jokowi merencanakan RS ini akan difungsikan untuk menampung Penyakit-penyakit menular dan riset.

RS Khusus Covid-19 ini sendiri dibangun di atas lahan seluas 16 hektare dengan tiga zona. Zona A seluas 2,4 hektare terdiri dari tempat tinggal karyawan, perawat dan dokter yang telah mencapai progres 100 persen.

Untuk Zona B berdiri di atas lahan seluas 13,6 hektare terdiri dari bangunan inti yaitu ruang isolasi dan observasi yang berjumlah 260 kamar. Serta ruang penunjang seperti laboratorium satelit, farmasi, power jouse, kamar jenazah hingga lapangan Olahraga. Dalam zona tersebut juga terdapat tiga helipad yang siap digunakan.

Sementara untuk Zona C, merupakan zona pengembangan. Zona ini meliputi Ruang ICU, non ICU serta observasi jika diperlukan suatu saat. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.