Operasi Zebra di Wilayah Polres Bontang, Pasang Imbauan Tertib Lalu Lintas hingga Donor Darah

INTREN.ID, BONTANG – Jajaran Satlantas Polres Bontang memasang baliho dan spanduk imbauan tertib berlalu lintas, Sabtu (7/11/2020). Pemasangan dalam rangka Operasi Zebra 2020, 26 Oktober-8 November itu dilakukan di Kota Bontang dan jalan poros Bontang-Samarinda, tepatnya di Kecamatan Marangkayu dan Muara Badak.

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Ade Yaya Suryana mengatakan, imbauan dipasang guna mengajak masyarakat tertib berlalu lintas. Di mana, tujuannya adalah untuk menekan angka pelanggaran dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

“Sejumlah lokasi yang dipasangi baliho atau spanduk di Kota Bontang yakni simpang tiga Ramayanan di Jalan MH Thamrin, simpang empat SMAN 2 Bontang di Jalan Imam Bonjol, dan beberapa lokasi lain yang kami anggap rawan pelanggaran dan kecelakaan,” jelasnya.

Dia berharap, masyarakat semakin sadar akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas. Baik untuk keselamatan diri sendiri maupun orang lain sesama pengguna jalan.

Ade mengungkapkan, Operasi Zebra tahun ini tampak berbeda seperti tahun sebelumnya, karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Selain penegakan di jalan, Korps Bhayangkara di Kota Taman juga menggelar aksi donor darah, sosialisasi 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak), mengukur suhu tubuh pengendara kendaraan, serta menempel stiker “Ayo Pakai Masker” pada kendaraan.

“Sengaja tahun ini dilakukan operasi secara simpatik, seperti bakti sosial donor darah yang diikuti personil Polres Bontang dan komunitas Grab, all bikers, dan Agya Ayla dengan jumlah peserta donor 43 orang,” jelasnya.

Perwira dengan tiga melati di pundak itu menegaskan, Operasi Zebra kali ini dilakukan dengan mengedepankan langkah simpatik kepada masyarakat.

“Operasi Zebra tahun ini tidak ada tindakan penilangan, kecuali pelanggaran berat yang dapat membahayakan orang lain. Kami juga mengedukasi pengendara soal keselamatan berlalu lintas dan sosialisasi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Harapannya masyarakat lebih tertib berlalu lintas dan disiplin mematuhi protokol kesehatan,” tutupnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.