OPD Bantuan Penanganan Corona Bentukan Wali Kota Batam Mulai Bekerja

Atur Jarak Pembeli dan Pedagang di Pasar Kecamatan Bengkong

INTREN.ID, BATAM – Kecamatan Bengkong menjadi salah satu kecamatan yang mendapat perhatian khusus Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam upaya memutus mata rantai penularan virus corona baru (Covid-19). Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Bengkong bergerak cepat melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka penanganan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Bengkong dan meninjau ke Pasar Bengkong Laut Kamis (30/4/2020).

Camat Bengkong, M Fairus R Batubara melaporkan, sudah melaksanakan kegiatan memutus rantai penyebaran Covid-19. Di antaranya melakukan patroli bagi yang tak pakai masker dan penyemprotan disinfektan di sekolah dan tempat ibadah.

“Kami juga melaksanakan imbauan kepada masyarakat sesuai edaran. Begitu juga Babinsa melakukan penyemprotan disinfektan dan petugas puskesmas membawa ambulans berkeliling memberikan edukasi dan imbauan,” katanya.

Fairus berharap dengan adanya koordinator penanganan Covid-19 di masing-masing kecamatan penanganan Covid-19 makin meningkat dan berjalan lancar. “Mudah-mudahan ada petunjuk dan penanganan lebih baik,” pintanya.

Ketua Koordinator Penanganan Covid-19 Kecamatan Bengkong, Yumasnur mengapresiasi kegiatan penanganan Covid-19 di Kecamatan Bengkong. Dia meminta kegiatan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini ditingkatkan lagi.

“Sudah banyak kegiatan yang kami usahakan. Baik di tingkat kecamatan dan kota untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini di lapangan. Kegiatan ini harus kami tingkatkan lagi. Batam terdapat lima zona merah salah satunya Kecamatan Bengkong,” katanya.

Menurutnya Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam ini, Peningkatan pencegahan dilakukan di berbagai pusat keramaian seperti pasar.

“Di pasar tempat masyarakat jual beli, kami harus meningkatkan kegiatan lebih baik lagi. Tak hanya imbauan, namun ada penegasan lagi,” sebutnya.

Kemudian membuat program kerja di antaranya mengarahkan penjual dan pembeli memakai masker dan menerapkan pembatasan jarak (social distancing) sebagai upaya menghentikan penyebaran Covid-19. Tak hanya berdampak pada kesehatan, Covid-19 ini juga berdampak pada perekonomian Kota Batam.

“Kita harus bertindak cepat supaya penyebaran (Covid-19) ini stop,” terangnya

Anggota Tim Penanganan Covid-19 Kecamatan Bengkong, Ardiwinata mengatakan, penanganan Covid-19 dengan menata pasar dan pembeli yang belanja. Sehingga tak ada kerumunan dan mengelompokkan jenis barang yang dijual.

“Kami atur yang jual ikan di sini, penjual buah, penjual sayur,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam ini.

Senada dengan Yumasnur, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Batam (Kadisdukcapil) Kota Batam Said Khaidar menyatakan, penanganan Covid-19 harus lebih tegas. “Ayo bersama, kita kompak memutus mata rantai Covid-19,” tambahnya.

Usai melaksanakan rapat koordinasi, Tim Koordinator Penanganan Covid-19 Kecamatan Bengkong meninjau Pasar Bengkong Laut. Dalam tinjauan ini tim mengedukasi dan memberikan masker bagi warga belum memakai. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.