Ojek Online Boleh Bawa Penumpang Selama PSBB, Asalkan…

Wajib Lakukan Disinfeksi Kendaraan, Kenakan Masker dan Sarung Tangan

INTREN.ID, JAKARTA – Pengemudi ojek online (ojol) masih diperkenankan membawa penumpang selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan. Namun begitu, ada persyaratan yang mesti dipenuhi.

Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati memaparkan, pemberian izin tersebut memiliki syarat dan ketentuan protokol kesehatan. Sebagaimana Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi yang dikeluarkan Menteri Perhubungan (Menhub) Ad interim Luhut Binsar Pandjaitan, Ahad (12/4/2020).

Syarat yang mesti dipenuhi ojol di antaranya harus melakukan disinfeksi kendaraan dan atribut sebelum dan setelah selesai digunakan. Selain itu wajib menggunakan masker dan sarung tangan, dan tidak berkendara jika sedang mengalami suhu badan di atas normal atau sakit.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiayadi mengatakan, peraturan tersebut telah dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Secara garis besar permenhub mengatur tiga hal yaitu pengendalian transportasi untuk seluruh wilayah, pengendalian transportasi pada wilayah yang ditetapkan sebagai PSBB, dan pengendalian transportasi untuk kegiatan mudik tahun 2020.

“Permenhub ini dibuat berdasarkan kondisi riil saat ini, namun Pemerintah akan memperhatikan dinamika yang berkembang dan tidak tertutup kemungkinan untuk dilakukan penyesuaian,” sebut Budi.

Permenhub berlaku untuk transportasi penumpang baik kendaraan umum dan pribadi serta transportasi barang/logistik. Peraturan ini yang mengatur hal-hal yang harus dilakukan mulai pada saat persiapan perjalanan, selama perjalanan, dan saat sampai tujuan atau kedatangan. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.