Ojek dan Taksi Online Dapat Keringanan Cicilan Kendaraan Setahun

Kebijakan Pemerintah Atas Dampak Wabah Corona

INTREN.ID, JAKARTA – Driver ojek motor dan taksi online mendapatkan keringanan dalam pembayaran kredit cicilan kendaraan mereka selama setahun. Kelonggaran ini diumumkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terkait penyebaran wabah virus Corona baru (Covid-19).

“Tidak perlu khawatir karena pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran atau relaksasi selama 1 tahun,” kata Jokowi dalam ratas soal virus Corona bersama menteri dan gubernur yang disiarkan langsung oleh Setpres, Selasa (24/3/2020).

Jokowi mengatakan, kebijakan itu diambil setelah mendengar banyaknya keluhan dari tukang ojek dan sopir. Termasuk juga nelayan yang terkena dampak kebijakan dalam penanganan virus Covid-19.
Selain itu, para pelaku UMKM juga ikut mendapat keringanan. Bagi pelaku UMKM yang memiliki kredit di bawah Rp 10 miliar juga akan diberikan kelonggaran yang sama.

“Kami kemarin sudah berbicara dengan OJK. OJK akan memberikan kelonggaran relaksasi kredit UMKM untuk nilai kredit di bawah RP 10 miliar baik kredit perbankan maupun industri keuangan nonbank akan diberikan penundaan cicilan sampai satu tahun dan penurunan bunga,” jelas Jokowi.

- ADVERTISEMENT -

Kebijakan ini mendapat respon positif dari DPR RI. Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade menyatakan, kebijakan ini menunjukkan bila pemerintah mendengar masukan dari masyarakat.

Dia menegaskan dukungan kepada pemerintah untuk mengambil langkah-langkah meringankan beban rakyat selama menghadapi wabah Corona ini, termasuk relokasi anggaran. Pihak legislatif diyakininya akan kompak mendukung Pemerintah menghadapi wabah Corona ini.

“Dan kami sebagai anggota DPR RI akan terus bekerja untuk melakukan pengawasan dan mengingatkan serta memberikan masukan kepada Pemerintah agar beban masyarakat tidak berat dalam menghadapi wabah Corona ini,” pungkas politisi Partai Gerindra ini. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.