New Normal Diberlakukan, Ini Kata Ketua Fraksi PKS DPRD Batam

INTREN.ID, BATAM – Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Batam Rohaizat menilai perlu keseriusan tingkat tinggi oleh semua pihak agar program kenormalan baru atau New Normal yang telah ditetapkan pemerintah pusat bisa benar-benar berjalan sukses.

“Intinya saya melihat semua pihak merasa bahagia bila di Batam menerapkan New Normal pada 15 Juni mendatang. Dengan membuka semua tempat ibadah, tempat-tempat usaha, pusat keramaian, dengan syarat tetap mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah,” kata Rohaizat usai kegiatan silaturahmi bersama MUI dan Forum Silaturahmi Perwakilan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Kota Batam, Kamis (28/5/2020).

Rohaizat yang juga Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Batam mengakui, pentingnya keseriusan tingkat tinggi yang tak lepas dari tingginya perkembangan penularan Covid 19 di Batam saat ini. Sehingga dengan New Normal sesuai arahan pemerintah pusat, tentu merupakan kerja berat bagi Pemko Batam dan semua stakeholder terkait.

Selain itu Pemko Batam juga harus bekerja ekstra dalam hal pengawasan di lapangan. Begitu juga dengan seluruh unsur masyarakat diharapkan bersama-sama saling mengawasi dan mematuhi semua protokol kesehatan yang telah dibuat.

“Karena kalau pengawasan kita lemah, saya khawatir akan terjadi lonjakan sangat tinggi dalam hal penularan virus ini,” ungkapnya.

Silaturahmi DKM, MUI dan DPRD Kota Batam itu dipimpin anggota DKM, Hendri Anak Rahman. Dalam pemaparannya Hendri mengaku tujuan dari silaturahmi ini adalah untuk merespon kebijakan baru yang akan diambil Wali Kota Batam yaitu Batam Menuju New Normal.

“Tujuan diadakannya agenda ini adalah untuk bersilaturahmi, berdiskusi bersama MUI dan juga menyampaikan kepada DPRD Batam sebagai wakil dari masyarakat terkait kondisi umat dengan kebijakan yang akan diambil Pemko Batam menghadapi Batam New Normal,” katanya.

Pada intinya, lanjut Hendri, kegiatan ini diagendakan untuk bersilaturahmi. Meminta nasihat dari MUI selaku ulama dan pemersatu umat. Sehingga DKM sebagai pengurus masjid punya panduan yang jelas dalam menyelenggarakan aktivitas ibadah di Masjid.

“Kami juga mengundang DPRD Fraksi PKS dan fraksi yang lain dengan tujuan agar bisa menyampaikan aspirasi kami ke pihak eksekutif terkait keresahan umat. Terkhusus dengan beredarnya draf surat peryataaan dari pihak masjid yang salah satu poin memuat adanya sanksi dan tanggung jawab pengurus masjid jika membuka masjid tanpa protokol kesehatan,” bebernya.

Sementara itu Pengurus Masjid Al Azhar Beverly Arianto menanyakan Fatwa MUI saat ini dan fatwa yang akan berlaku jika Batam mengambil kebijakan New Normal. Dalam menjalanakan ibadah apakah masih dengan fatwa yang lama, dan jika tanggal 15 nanti dengan New Normal seperti apa  Fatwa MUI.

- ADVERTISEMENT -

“Agar kami bisa manyampaiaknnya kepada jemaah Masjid kami,” sebut Arianto.

Sementara itu Ketua MUI Batam KH Usman menyampaikan MUI adalah wakil dari umat. Sehingga tentu juga butuh ide-ide cemerlang dari pengurus-pengurus masjid. “Tugas utama kami adalah untuk menentramkan umat,” ucap Usman.

Diakuinya, menjelang 15 Juni nanti adalah momentum bersama untuk konsisten dan terus membuktikan bahwa umat Islam adalah umat yang patuh. Bahwa umat Islam bukan penyebar Covid-19, maka teruslah menjaga diri dan keluarga serta menjaga persatuan.

Tentang Fatwa MUI, pihaknya mengaku masih dengan fatwa yang lalu yakni mengimbau agar tetap salat di rumah. Namun pihaknya tidak melarang untuk salat di masjid dengan catatan melakasakan protokol kesehatan.

“Jika nanti Batam menerapkan New Normal, MUI akan menggelar rapat kembali melihat perkembangan kondisi Covid-19. Dan baru akan kami sampaikan Fatwa terbaru,” jelasnya.

Di tempat yang sama anggota Fraksi PKS DPRD Kota Batam Sitti Nurlaillah menyampaikan, syarat kemenangan Islam adalah persatuan umat. Kedua adalah patuh pada imbauan para ulama.

“Kalau tidak percaya kepada MUI, pada siapa lagi kita mau percaya,” imbau Sitti. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.