Natuna Tetap Lantik Anggota PPS di Tengah Wabah Corona

Jarak Tempuh Jadi Alasan, Dilakukan Secara Bertahap

INTREN.ID, NATUNA – Kabupaten Natuna tetap melaksanakan pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Ahad (22/3/2020) pagi. Berlokasi di Natuna Hotel, pelantikan ini membuat Natuna menjadi satu-satunya kabupaten/kota di provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang tetap melantik anggota PPS di tengah ancaman wabah virus corona baru (Covid-19).

Sementara kabupaten/kota lainnya memutuskan menunda pelantikan, merespon Surat Keputusan (SK) dan Surat Edaran (SE) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dalam SK dan edarannya, KPU RI meminta penundaan pelantikan mengingat kondisi penyebaran Covid-19 saat ini.

Pelantikan PPS di Natuna dibenarkan oleh Komisioner Divisi Hukum KPU Kepri Agung Widiyono. Dia juga menyampaikan alasan mengapa pelantikan tersebut tetap dilakukan.

Jarak yang telah ditempuh oleh para anggotaKPU menjadi alasan utama KPU Natuna yang kini diketuai Junaidi Abdillah untuk tetap melakukan pelantikan. Apalagi banyak dari kecamatan tersebut berada di kawasan pulau. Sebanyak 231 orang anggota telah resmi dilantik, dengan pelantikannya dilakukan secara bertahap.

“Untuk pelatikan di satu tempat, hanya saja dilakukan secara bergantian. Satu sesi tidak boleh melebihi 30 orang dalam satu ruangan tersebut,” kata Agung, Senin (23/3/2020).

Akhirnya pelantikan dibagi menjadi sembilan sesi. Dalam pelatikan tersebut seluruh anggota yang hadir diwajibkan memakai masker serta menggunakan hand sanitizer atau penyanitasi tangan sebelum masuk ke dalam ruangan.

“Alat mengecek suhu badan juga telah disediakan, untuk lebih memastikan kesehatan para anggota,” ucap Agung.

Meskipun saat ini ke-231 orang tersebut telah resmi dilantik, namun untuk masa jabatannya belum ditentukan. Hal ini mengingat masih adanya penyebaran Covid-19 yang kini menjadi perhatian khusus baik di Kepri maupun Indonesia.

Agung menegaskan, untuk keenam kabupaten/kota lainnya seperti Bintan, Tanjungpinang, Karimun, Anambas, Lingga dan Batam memang masih belum melakukan pelantikan. Saat ini pelantikan masih menunggu instruksi dari pusat.

“Untuk masa penundaan masih kita ikuti keputusan dari KPU RI,” ujarnya.

Sementara itu data dari Dinas kesehatan Provinsi Kepri yang telah diresmikan Kadinkes Kepri Tjetjep Yudiana, bahwa di kabupaten Natuna terdapat 27 Orang dalam Pengawasan (ODP), 12 Pasien Dalam Pemantauan (PDP) dan 15 orang selesai dilakukan pemantauan.

“Hingga saat ini, belum ada kasus positif covid-19 di Kabupaten Natuna. Dan ini menjadi catatan baik,” sebut Tjetjep. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.